Tuesday, April 22, 2014

Ebook Panduan Lubuntu untuk Pengguna Windows XP

Alhamdulillah akhirnya ebook yang kami buat selama kurang lebih satu bulan ini terselesaikan dengan baik. Ebook dengan judul Panduan Lubuntu untuk Pengguna Windows XP ini merupakan sebuah langkah untuk mensosialisikan atau melinuksisasikan masyarakat agar bisa beralih ke produk open source yang selama ini menjadi suatu objek alternatif aplikasi berbayar. Ebook ini bukan semata - semata ditujukan bagi pengguna Windows XP akan tetapi bisa digunakan oleh semua kalangan masyarakat.

Rilis Ubuntu 14.04 LTS bertepatan dengan berakhirnya support Windows XP oleh Microsoft. Sehingga dengan momen tersebut, menjadi suatu langkah yang tepat untuk mensosialisasikan masyarakat untuk beralih menggunakan produk open source dalam hal ini adalah Linux. Sebelumnya Microsoft mengumumkan kepada pengguna Windows XP untuk meng-upgrade sistem operasinya. Akan tetapi hal ini tentu akan menjadi kendala baru dengan keluarnya biaya untuk membeli produk baru yaitu membeli software OS Windows versi yang lebih baru dan membeli perangkat keras komputer yang lebih modern. Oleh karena itu, menggunakan Linux merupakan alternatif yang tepat, dan salah satu distro yang cocok menggantikan Windows XP adalah Lubuntu.


Ebook ini menggunakan kalimat yang sederhana, harapannya bisa dengan mudah dipahami oleh masyarakat umum. Utamanya masyarakat yang akan beralih menggunakan Linux. Di lain sisi untuk bermigrasi ke sistem operasi Linux dibutuhkan kesesuaian atau adaptasi dengan lingkungan yang berbeda, atas alasan tersebut ebook ini merupakan jawabannya.

Penulisan di ebook ini tentu masih sangat dan sangat jauh dari sempurna. Kritik dan saran kami nantikan untuk perbaikan penulisan ke depannya. Akhir kata semoga ebook ini bermanfaat untuk semuanya.




11 comments:

  1. Bismillahirrahmanirrahim.

    Sungguh terima kasih yang besar untuk akang. Senang sekali ada kalimat "Ebook ini menggunakan kalimat yang sederhana, harapannya bisa dengan mudah dipahami oleh masyarakat umum." yang sering diabaikan penulis-penulis kita. Tolong buku ini dibagikan juga untuk setiap warga yang mencari panduan lengkap Ubuntu.

    SARAN:

    - Sebaiknya captcha dimatikan sebab itu menghalangi kami berkomentar.
    - Sebaiknya blog ini memiliki widget komentar terbaru supaya kami tahu komentar kami sudah dijawab (karena akang tidak memakai Wordpress.com).

    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. @Mas ade, makasih mas atas masukannya :)
    @Mahisa, silahkan mas sebarkan ke pengguna yang lain

    ReplyDelete
  3. bagus om ebook-nya :)
    sebagai bentuk dukungan, saya sudah buatkan beberapa offline installer aplikasi untuk Lubuntu yang versi terbaru 14.04, 32-bit (i386).
    bisa dilihat di sini ;
    http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbthreads.php/topics/148071/Re_Sharing_offline_installer_a#Post148071
    file tersebut bisa digunakan untuk menginstall aplikasi tanpa perlu terkoneksi internet, tak perlu dependensi tambahan, dan tak perlu pengaturan repository. tujuannya untuk seperti file .exe di windows. semoga memudahkan untuk temen2 yang ingin migrasi dari XP ke Lubuntu :)

    ReplyDelete
  4. Sangat berguna bagi yang ingin migrasi dari windows XP ke Lubuntu, Tapi kayaknya pengguna windows XP tidak masalah dengan tidak disuport oleh Microsoft, kebanyakan pakainya yg bajakan sudah biasa terkena virus solusinya instal ulang.

    Spesifikasi minimum hardware untuk Lubuntu apakah sama dengan Windows XP. kalau Windows XP ram min 128 MB normal 256 MB, kalau Lubuntu ?

    ReplyDelete
  5. ini yang saya dapat dari wiki mas

    "We have done many tests and we've found out that Lubuntu can be installed on a Pentium II or Celeron system with 128 MB of RAM, but such a system would not perform well enough for daily use.
    With 256MB - 384MB of RAM, the performance will be better and the system will be more usable.
    With 512MB of RAM, you don't need to worry much."

    jadi mencukupi untuk spesifikasi dengan ram 128 / 256, baiknya sih coba secara live.
    maturnuwun

    ReplyDelete
  6. Mancep gan, ijin di dot dlu ye :d.

    ReplyDelete
  7. min kira2 ngehabiskan bera kuota buat os dan software penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bisa diperjelas, kuota untuk apanya mas?

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.