Wednesday, March 19, 2014

Oneye - Cloud Operating System Berbasis Web


Dengan berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat yang disertai dengan semakin membaiknya infrastruktur teknologi jaringan komputer, maka tidak menutup kemungkinan terjadi pertukaran data secara continue yang dilakukan melalui koneksi internet. Di lain sisi dengan hadirnya bandwith internet yang disediakan oleh provider internet yang kian membaik bahkan sudah merambah ke teknologi wireless 4G, dan lebih dari itu di beberapa negara juga sudah bisa menikmati layanan 5G tentunya dengan akselerasi load yang cepat. Disusul juga dengan semakin kompleksnya portabilitas sistem komputer yang sekarang bisa lebih handy atau bisa dipegang dengan tangan sehingga akses informasi kian mudah didapat tanpa harus menggunakan komputer PC atau desktop.

Inilah yang menyebabkan munculnya beberapa teknologi baru seperti Cloud Computing, dimana semua layanan komputer bisa dilakukan dengan mudah dan dimana saja. Cloud Computing bisa dilakukan minimal ada dua komputer dimana satu berfungsi sebagai server dan satunya lagi sebagai client, tentu atas dasar ini untuk menikmati teknologi Cloud Computing tidak harus ada koneksi internet dengan catatan layanan komunikasi dilakukan di jaringan lokal.

Definisi Cloud Computing sendiri sangat beragam namun sederhananya adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Hal ini sesuai dengan namanya yaitu Cloud yang berarti Awan atau istilahnya Internet dan Computing adalah aktifitas berkomputer. 


Keuntungan Cloud Computing
  • Biaya perangkat lunak lebih terjangkau
  • Performa yang lebih baik
  • Biaya infrastruktur yang lebih ekonomis
  • Update lebih murah
  • Kompatibilitas OS
  • Kolaborasi

Kekurangan Cloud Computing
  • Koneksi internet, ini yang menjadi salah satu kendala untuk bisa menikmati layanan Cloud Computing yaitu keterbatasan pada koneksi internet walau kondisi sekarang untuk koneksi internet sudah cukup baik akan tetapi untuk beberapa daerah terpencil masih belum terambah baik oleh jaringan internet.
  • Bandwidth internet, Untuk menikmati layanan Cloud Computing ada kalanya membutuhkan koneksi yang besar karena sistem akan meload (upload, download, maupun sinkronisasi data) ke server penyedia layanan Cloud computing. Tidak hanya bandwith yang besar saja, akan tetapi dibutuhkan juga koneksi yang stabil
  • Fitur terbatas, hal ini tergantung pada penyedia layanan Cloud Computing, biasanya untuk menikmati fitur yang lebih lengkap berimbas pada biaya yang lebih mahal juga
  • Privasi dan keamanan, karena layanan Cloud Computing menggunakan internet sebagai media komunikasinya maka hal yang cukup diperhatikan adalah keprivasian data dan keamanan data itu sendiri agar tidak dicuri atau pun dimanipulasi oleh pihak yang tidak memiliki hak untuk mengakses data tersebut.
Agar lebih bisa memahami tentang salah satu contoh Cloud Computing, saya akan mencoba mengulas tentang Cloud Operating System dengan menggunakan oneye, dimana layaknya sistem operasi biasa yang dijalankan di Web Browser.


Cloud Operating System Berbasis Web dengan Menggunakan Oneye



Oneye merupakan sistem operasi berbasis Web dan merupakan alternatif dari Eyeos yang sekarang dikenakan biaya untuk memperolehnya. Meski demikian Eyeos tetap menyajikan dukungan komunitas dengan sejumlah fitur dan beragam inovasi lainnya. Untuk bisa menikmati beragam layanan aplikasi sistem operasi Oneye, berikut persyaratan yang harus tersedia :
  1. Sistem operasi, pada spesifikasi ini saya tidak membatasi penggunaan jenis sistem operasi yang anda pakai. Namun baiknya juga anda menggunakan sistem operasi GNU/Linux dan kebetulan sistem operasi yang saya pakai adalah Debian 7.
  2. Terinstal WebServer, jika anda menggunakan Linux anda bisa mengunduh beberapa aplikasi Webserver seperti PHP, Apache, dan lain sebagainya. Namun untuk mempermudah praktik anda bisa menggunakan Webserver XAMPP (Windows) atau LAMPP (XAMPP untuk Linux) yang bisa diunduh disini
  3. Terinstal Web Browser, tentu hal yang sangat vital karena oneye berjalan pada browser
1. Langkah Instalasi

1.1 Menginstal WebServer di Linux

  • Pastikan anda telah mengunduh paket WebServer untuk Linux, Link Download
  • Unduhan yang anda download berekstensi .run untuk menginstalnya buka terminal dan login sebagai root kemudian rubah hak aksesnya misal chmod +x lampp.run, dan untuk menginstalnya ketik ./lampp.run dan seperti biasa tinggal tekan tombol next saja :), kurang lebih berikut screenshoot-nya ;





  • Untuk menjalankan WebServer ketik sudo /opt/lampp/lampp start
1.2 Instalasi Oneye

  • Unduh paket oneye di sini, saat penulisan ini versi terbaru oneye adalah versi 0.9.0
  • Ekstrak paket oneye di folder htdocs dengan menggunakan terminal dan login sebagai root kemudian ketik sudo unzip oneye_0.9.0.zip -d /opt/lampp/htdocs
  • Kemudian rubah hak akses folder oneye agar bisa diakses melalui browser dengan mengetik sudo chmod 777 -R /opt/lampp/htdocs/oneye
  • Setelah itu buka oneye melalui browser dengan membuka alamat http://localhost/oneye/
  • Lalu buatlah password dan ikuti proses instalasinya
  • Untuk login ke sistem gunakan akun root dan password yang telah dibuat sebelumnya


  • Anda pun bisa membuat akun pengguna, dengan mengklik New User di halaman Login


  • Berikut tampilan oneye setelah anda login


2. Eksplorasi Oneye

2.1 Panel Menu

Panel menu merupakan akses untuk membuka aplikasi yang terinstal di dalamnya. Di Oneye ada beberapa kategori aplikasi ;
  • Office, terdiri dari beberapa paket aplikasi seperti File Manager, Word Processor, SpreadSheet, Presentation, Mail Client, Calendar dan Contact Manager
  • Network, terdiri dari beberapa paket aplikasi seperti Public Board, FTP Client, Internal Messaging, Navigator dan RSS Feed Burner
  • Accessories, terdiri dari beberapa paket aplikasi seperti Calculator, Text Editor, dan Process Manager
  • Games, anda bisa menikmati layanan game catur atau Chess, Tetravex, dan Catching
  • Dan Ikon panel lainnya
Di panel juga tersedia tombol Closed Session yang berfungsi sebagai tombol logout atau kembali ke menu Login


2.2 Desktop

Layaknya sistem operasi biasa, desktop menyuguhkan beragam pintasan aplikasi atau Shortcut. Uniknya secara default, dekstop pada oneye menyerupai desktop KDE yang berfungsi untuk melakukan tugas spesifik seperti membuat dokumen, upload file dan lain sebagainya. Widget ini juga mendukung drag and drop sehingga bisa dipindah posisinya.


2.3 File Manager

File Manager berfungsi untuk mengatur berkas - berkas baik prosedur penyimpanan file maupun untuk alokasi file yang akan disimpan. Oneye sekilas mempunyai struktur sistem berkas mirip dengan GNU/Linux yaitu terletak pada direktori tunggal "HOME" yang kemudian di dalamnya terdapat subfolder seperti Desktop, Document, Images, Musics, dan Videos. Selain itu masing - masing user juga mempunyai direktori user yang berbeda. Agar folder antara user satu dengan yang lainnya bisa diakses,  maka folder tersebut harus disharing dengan cara klik kanan kemudian pilih share with.


Pada gambar berikut merupakan folder folderku yang sebelumnya telah dibuat di user Muksidin kemudian di-share secara public, sehingga user tamu bisa mengakses folder tersebut melalui folder public. Folder public berfungsi untuk mengakses folder yang di-sharing oleh user lain.



2.4 Memainkan Multimedia

Oneye juga bisa digunakan untuk memutar file multimedia seperti musik, video dan gambar. Untuk menikmati fitur ini unggah terlebih dahulu file multimedianya melalui toolbar pada File Manager yaitu Upload Files atau bisa dijumpai juga dengan meng-klik kanan pada desktop atau juga melalui Widget desktop.

Upload Files

Player Music

Player Music

Memutar file Video

Ini hanyalah sekelupas contoh kecil fitur aplikasi yang dimiliki oleh oneye, sedangkan di dalamnya masih banyak beragam aplikasi yang pembaca bisa eksplorasi sendiri. Dengan penjelasan yang singkat mengenai cloud computing beserta implementasinya dengan Cloud Operating System, setidaknya memberikan pemahaman serta menambah pengetahuan tentang Cloud Computing secara nyata.

Akhir kata semoga artikel ini memberikan manfaat kepada pembaca.

Selamat mencoba & belajar :)

Referensi :


Buku :

Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi - Teknologi Pendukung Lainnya - I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.





1 comment:

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.