Wednesday, July 10, 2013

Pemrograman Web Di Linux

Untuk memulai pemrograman web syarat mutlak yang diperlukan adalah tersedianya web server. Di Windows ada beberapa web server yang sering dipakai seperti XAMPP, WAMP SERVER,  EasyPHP dan beberapa server yang lain. Di Linux juga sama, akan tetapi yang sering dipakai adalah LAMPP. LAMPP sama juga dengan XAMPP, hanya sekedar beda pemakaian di sistem operasinya.

Secara default, file php, html, css , dan lainnya diletakan difolder htdocs. Struktur folder di LAMPP juga sama dengan XAMPP. Akan tetapi untuk memulai web server di Linux memang harus melalui konsole. Untuk proses instalasi LAMPP, sebenarnya juga tersedia di website resminya. Akan tetapi saya akan mengulas kembali sebagai berikut :
  • Download LAMPP di sini
  • Extract LAMPP yang masih dikemas dengan format tar.gz ke folder /opt/ dengan perintah tar -xvf lampp.tar.gz -C /opt/
  • Untuk memulai webserver login di konsole lalu ketik perintah /opt/lampp/lampp start, untuk berhenti ketik /opt/lampp/lampp stop, dan untuk restart ketik /opt/lampp/lampp restart
Selain webserver sebagai komponen utamanya, harus juga ada editornya. Di lingkungan Linux text editor cukup banyak, seperti GEdit, Sciete, Vim, dan lain sebagainya. Akan tetapi kita juga bisa menggunakan text editor di luar repositori Linux seperti Eclipse PHP, Komodo Edit, PhpStorm, Aptana Studio, dan lain sebagainya.

Jika anda menggunakan IDE seperti Eclipse, PhpStorm, dan Aptana Studio dia akan meminta anda untuk membuat folder default di directory Home. Sebagai contoh ketika menggunakan Aptana Studio, secara default dia akan membuat workspace folder di /home/user/Documents/Aptana Studio Workspace/. Sedangkan untuk mengakses web yang telah kita buat, biasanya diletakan di folder htdocs. Untuk mengatasi ini, sangat mudah sekali yaitu dengan membuat softlink. Berikut langkah - langkahnya :
1. Buka terminal dan login sebagai root
2. Misal direktori default dari Aptana adalah di /home/muksidin/Documents/Aptana Studio 3 Workspace maka untuk membuat softlink ke folder htdocs dengan mengetik ln -s "/home/user/Documents/Aptana Studio Workspace/" /opt/lampp/htdocs/aptana
3. Rubah hak akses folder aptana agar bisa di akses dengan mengetik chmod -R 777 /opt/lampp/htdocs/aptana

Jika cara tersebut tidak terjadi error, kira - kira seperti gambar berikut dimana pada folder Aptana terdapat emblem panah yang berarti softlink.



Untuk mengakses website yang telah dibuat, ketik di browser
http://localhost/aptana

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.