Sunday, February 9, 2014

Umnet Dependencies

Umnet dependencies terjadi jika ada salah satu paket aplikasi yang berbeda versi (misal untuk release distro B diinstal di distro A) sehingga menyebabkan sistem memilah beberapa paket yang harus dibuang karena sistem menyatakan adanya pembaharuan (persis seperti dist-upgrade, akan tetapi tidak keseluruhan hanya pada satu paket aplikasi saja). Hal ini saya pernah lakukan ketika saya memaksakan menginstal lightdm yang diunduh dari repo debian jessy sedangkan sistem menggunakan debian wheezy. Instalasi berhasil dan pada awalnya saya hiraukan beberapa warning sehingga beberapa paket dari debian ada yang harus dihapus (remove). Hal ini saya amati persis, bahwa sistem menganggap perlunya pembaharuan aplikasi karena saya menginstal aplikasi dari versi rilis yang berbeda. Beberapa aplikasi yang harus dibuang adalah LibreOffice, dan beberapa waktu kemudian karena saya memang membutuhkan aplikasi tersebut saya instal kembali dan berikut record-nya :
root@muksidin:/home/muksidin# apt-get install libreoffice
Reading package lists... Done
Building dependency tree       
Reading state information... Done
Some packages could not be installed. This may mean that you have
requested an impossible situation or if you are using the unstable
distribution that some required packages have not yet been created
or been moved out of Incoming.
The following information may help to resolve the situation:

The following packages have unmet dependencies:
 libreoffice : Depends: libreoffice-core (= 1:3.5.4+dfsg2-0+deb7u2) but it is not going to be installed
               Depends: libreoffice-writer but it is not going to be installed
               Depends: libreoffice-calc but it is not going to be installed
               Depends: libreoffice-impress but it is not going to be installed
               Depends: libreoffice-draw but it is not going to be installed
               Depends: libreoffice-math but it is not going to be installed
               Depends: libreoffice-base but it is not going to be installed
               Depends: libreoffice-report-builder-bin but it is not going to be installed
               Depends: libreoffice-filter-mobiledev but it is not going to be installed
               Depends: libreoffice-java-common (>= 1:3.5.4+dfsg2~) but it is not going to be installed
E: Unable to correct problems, you have held broken packages.
Beberapa penyelesaian yang disarankan dari forum :

apt-get install -f
sumber : http://forums.debian.net/viewtopic.php?f=10&t=108145

apt-get install -f
apt-get clean all
apt-get autoremove
sumber : http://www.linuxforums.org/forum/debian-linux/110983-solved-unmet-dependencies.html

apt-get install -f
apt-get update
sumber : http://www.computersnyou.com/20/2012/10/how-to-fix-unmet-dependencies-ubuntu-quick-tip/

Ini hanya sebagian dari berbagai sumber yang saya cari dengan media google dan mungkin masih banyak penyelesaian yang lain. Akan tetapi link - link tersebut sudah cukup mewakili untuk menyelesaikan masalah, karena dari beberapa sumber yang saya cari hampir penyelesaiannya pun sama.

Jika anda pengguna Debian dan mengalami persis dengan saya, berikut penyelesainnya (karena dari penyelesaian di atas belum bisa mengatasi).

  • Buka software manager, kalau saya sarankan gunakan synaptic package manager
  • Cari aplikasi yang menyebabkan error, misal aplikasi lightdm membutuhkan pustaka libc6 maka uninstal dulu libc6 nya baru setelah itu uninstal lightdm nya.
  • Setelah itu lakukan update.


Saya juga belum tahu pasti mengapa tidak bisa dilakukan dengan autoremove, clean, atau pun dengan fix install. Namun dengan cara terakhir permasalahan bisa diatasi dengan baik. Jika hal tersebut belum bisa mengatasi silahkan berikan komentar balik.

Salam Open Source

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.