Sunday, June 22, 2014

HPLIP - Konfigurasi Printer HP Dengan Lebih Mudah di Linux

HPLIP atau HP Linux Imaging and Printing merupakan sebuah aplikasi yang berjalan di sistem operasi Linux untuk menangani printing dan scanning. Sesuai dengan namanya, HPLIP diperuntukan untuk segala jenis printer dan scanner dengan merk HP. Dengan adanya software ini, memungkinkan konfigurasi dari driver sampai perawatan dilakukan dengan mudah. Jadi hal ini memudahkan pengguna sama persis ketika menggunakan Windows. 

HPLIP memiliki beragam fitur, namun dari sekian fitur yang menarik adalah dengan adanya fitur dari cleaning head yang mempunyai fungsi untuk membersihkan head pada kotak tinta. Sehingga jika hasil cetak kurang baik, maka bisa menggunakan fitur ini. Berikut adalah screenshoot aplikasi HPLIP yang saya ambil dari salah satu distro linux yang terpasang di notebook saya (dengan menggunakan openSUSE).


Menarik bukan ?. Namun sangat disayangkan, masyarakat khususnya di Indonesia masih kurang baik dalam mengelola informasi aplikasi apa saja yang sebanding dengan aplikasi di Windows. Sehingga hasilnya pun sangat nyata, bahwa Linux adalah sistem operasi yang susah dan harus mengetik secara manual untuk mengoperasikannya atau menggunakan terminal (istilah di Windows adalah command prompt). Untuk mengetahui jenis printer apa saja yang bisa menggunakan aplikasi ini bisa dicek di url http://hplipopensource.com/hplip-web/supported_devices/index.html .

Selamat Mencoba

1 comment:

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.