Tuesday, October 28, 2014

Mengatasi Inkompatibilitas Paket Debian di openSUSE

Paket Debian sering dijumpai umumnya di link unduhan dari suatu website ketimbangan jenis paket RedHat atau yang dikenal dengan RPM. Meski kadang tersedia paket tersebut (RPM) namun sangat disayangkan hanya tersedia untuk distro Fedora dan keturunannya bukan openSUSE. Sangat dimaklumi, karena Debian khususnya Ubuntu didukung oleh komunitas yang besar, sehingga umumnya pengembang aplikasi hanya membuatkan paket Debian. Tidak hanya itu sering juga tersedia PPA (Personal Package Archive) yang merupakan sebuah repositori software untuk mengunggah serta membangun paket aplikasi (berekstensi *.deb) dan diluncurkan sebagai APT(Advanced Packaging Tool) oleh Launchpad.

Permasalahan seperti ini sering saya hadapi ketika saya membutuhkan aplikasi tertentu akan tetapi nyatanya hanya tersedia dalam paket Debian. Sebagai solusinya saya menggunakan Alien untuk mengkonversi paket Debian menjadi RPM. Alien dioperasikan dalam mode teks atau menggunakan terminal serta akun root. Alien tidak tersedia di default repository sehingga anda harus menambahkan repositori eksternal. Untuk masalah ini anda bisa merujuk ke url http://software.opensuse.org dan cari Alien di kolom pencarian. Atau anda bisa langsung merujuk ke url http://software.opensuse.org/package/alien. Untuk mempermudah proses instalasi, berikut langkah - langkahnya.
1. Pastikan anda telah berada di url http://software.opensuse.org/package/alien
2. Pilih versi openSUSE yang anda gunakan

3. Klik muncul show unstable packages, sehingga muncul popup warning dan klik continue

4. Di halaman yang baru anda bisa memilih Alien versi 32 bit atau 64 bit, akan tetapi untuk mempermudah instalasi saya lebih menyukai instalasi dari repositori. Caranya klik kanan di 1 Click to Install kemudian pilih Save link as dan bisa anda perhatikan file tersebut berekstensi .ymp.


5. Klik dua kali atau doubel click pada file ymp sehingga muncul aplikasi Yast.
6. Selanjutnya tinggal next dan next.
Sebagai informasi tambahan, alien dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman perl. Adapun cara penggunaanya sangat mudah, berikut langkah - langkahnya.
1. Buka aplikasi terminal dan login sebagai root.
2. ketik alien -r package.deb
Waktu untuk mengkonversi paket sangat bergantung pada ukuran file-nya. Tentu jika ukuran besar maka waktu yang dibutuhkan pun relatif lebih lama.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.