Monday, November 24, 2014

Memasang GPS (Gimp Paint Studio) di GIMP

GIMP atau GNU Image Manipulation Program merupakan sebuah perangkat lunak bebas yang diprakarsai oleh GNU. GIMP merupakan tools yang wajib jika anda pengguna Linux untuk urusan olah gambar. Meski GIMP tersedia secara gratis dan open source, namun kelengkapan fitur di dalamnya sama komplitnya dengan software berbayar seperti Adobe Photoshop, Corel Draw dan lain sebagainya.

GPS atau Gimp Paint Studio merupakan sebuah ekstensi brush, jadi dengan memasang GPS di GIMP anda akan memiliki fitur brush yang lebih lengkap. Saat penulisan ini, GPS tersedia dalam versi 2. Berikut adalah langkah - langkah untuk proses instalasinya.
  • Unduh GPS di url ini.
  • Ekstrak GPS tersebut kemudian letakan di /home/user/.gimp2.8/. Folder gimp2.8 secara default dalam kondisi hidden, jika anda pengguna KDE (Dolphin File Manager) bisa menggunakan kombinasi tombol alt+. sedangkan untuk desktop yang lain bisa menggunakan kombinasi ctrl+h (tergantung dari fitur di file managernya).
  • Sekarang buka aplikasi GIMP dan untuk menggunakan fitur GPS bisa menseleksi pilihan GPS-Brushes yang terletak di pojok bawah kanan.



Berikut tutorial yang bisa dijadikan referensi dalam menggunakan GPS.



Selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.