Wednesday, July 22, 2015

Record Radio Streaming dengan Amarok

Amarok merupakan salah satu aplikasi multimedia di lingkungan desktop KDE. Selain sebagai multimedia player pada umumnya, Amarok juga bisa dikhususkan untuk mendengarkan radio online atau radio streaming. Caranya sangat mudah yaitu pilih menu Playlist kemudian pilih Add Stream dan masukan alamat atau url radio streamingnya.
Pada awalnya penulis belum terfikirkan untuk memanfaatkan Amarok sebagai recorder pada sesi tertentu di channel radio favorit. Atas kebutuhan tersebut, akhirnya penulis mencoba mencari cara untuk memanfaatkan Amarok agar bisa melakukan recording. Sebenarnya untuk kebutuhan tersebut, Anda bisa menginstal KStreamRipper.
Sebelum melangkah ke penjelasan proses instalasi, perlu diketahui agar Amarok bisa merekam radio streaming yang perlu Anda lakukan pertama adalah memasang Script atau dalam istilah lain adalah Plugin atau Add-On. Plugin ini juga membutuhkan aplikasi yang lain yaitu streamripper, sehingga Anda sebaiknya terlebih dahulu menginstalnya.
Untuk mempersingkat tulisan, berikut langkah - langkahnya.
  • Instal script RecordStream, Anda bisa menginstalnya melalui menu Settings kemudian pilih Configure Amarok dan pilih Scripts. Untuk menginstal script yang baru Anda bisa menggunakan menu tombol Manage Scripts.
  • Instal aplikasi streamripper, jika Anda pengguna openSUSE bisa menggunakan perintah sudo zypper in streamripper.
  • Setelah keduanya telah terinstal, restart Amarok. Untuk menggunakan RecordStream, Anda bisa mengaksesnya melalui menu Tool dan pilih Record sesuai dengan pilihan yang tersedia (record live stream, record web radio dan record to wav-file).
Adapun file hasil rekamannya berada di folder Music. Demikian langkah sederhana menggunakan amarok untuk merekam radio streaming. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.