Thursday, June 6, 2013

Distro Linux Untuk Pemula

Saran saya untuk teman - teman yang baru kenal dengan GNU/Linux, saya sarankan untuk menggunakan GNU/Linux yang familiar dikalangan pengguna GNU/Linux. Lantas bagaimana mendapatkan referensi info tersebut ??? .
Salah satu yang mudah adalah berkunjung pada website Distrowatch . Disana ada page rank tentang distro yang paling banyak dipakai. Walau secara aktual belum bisa dipastikan apakah memang benar rank tersebut, akan tetapi setidaknya bisa membantu kita untuk memilih distro yang sesuai. Secara umum distro yang dipakai adalah Distro Ubuntu. Akan tetapi jika distro selain itu saya sarankan juga untuk menggunakan openSuse. Tiap - tiap distro memfasilitasi keunggulan masing - masing. Berikut distro yang saya sarankan untuk pemula
  1. Ubuntu , secara default belum terinstall codec (pemutar file multimedia / audio video)
  2. Linux Mint , secara default sudah terinstall codec (untuk pilihan ukuran DVD)
  3. Linux Deepin , distro dari negeri panda atau cina
  4. Zorin Os , merupakan distro yang mirip dengan Windows
  5. openSuse 
Sebenarnya masih banyak distro lainnya yang mudah digunakan, akan tetapi dari lima contoh di atas sudah mencukupi. Dan perlu diketahui pada nomer 1 -  4 masih dalam satu keluarga yaitu Ubuntu .

Mudah - mudahan tulisan yang sangat ringkas ini bisa membantu teman - teman semuanya yang kebetulan mau mencicipi rasa khas GNU/Linux.

Keep open mind & Keep open sources

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.