Tuesday, January 14, 2014

KamusPlus - Aplikasi Kamus Inggris - Indonesia di Linux

Aplikasi kamus bahasa inggris - indonesia atau pun sebaliknya sangat membantu ketika kita membutuhkan translasi suatu artikel. Saat ini tersedia kamus besar seperti Google translate yang menyediakan kosa kata yang sangat lengkap dari berbagai bahasa. Lebih dari itu, Google translate mampu untuk menerjemahkan masukan  kalimat meski keakuratan tidak sampai 100 %. Akan tetapi yang disayangkan, kenyataannya Google translate hanya bisa diakses secara online sehingga adanya koneksi data adalah salah satu prasyarat yang wajib.

Bagi yang sering offline atau mempunyai keterbatasan pada kuota internet, aplikasi kamus offline adalah alternatif yang sangat baik. Saya utarakan di sini aplikasi kamus yang tersedia di platform sistem operasi GNU/Linux dan berlisensi GPL. Ada dua aplikasi kamus offline bahasa indonesia - inggris yang bisa diunduh secara gratis yaitu KamusPlus dan gkamus. Dan pada artikel ini, saya akan mengulas beberapa fitur dari KamusPlus.

KamusPlus diprogram dengan bahasa Java, sehingga KamusPlus tersedia untuk sistem operasi Windows dan GNU/Linux. Beberapa fitur yang menarik ketimbang menggunakan gkamus adalah adanya fitur lafalkan, buat shortcut, dan fitur yang ada di menu pencarian.

  • Fitur lafalkan, akan membuat aplikasi membaca kata yang akan diterjemahkan.
  • Fitur buat shortcut berfungsi untuk membuat shortcut di desktop sehingga akan lebih mudah untuk menjalankan aplikasi ini.


  • Fitur di menu pencarian

Mengenai bagaimana kelebihan dari fitur masing - masing, lebih baiknya pembaca mencoba menggunakan aplikasi kamus ini sendiri. Dan bagi pengguna Windows, aplikasi ini merupakan aplikasi portable sehingga bisa diletakan di folder apapun. 

*selamat mencoba :) .

Salam Open Source

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.