Friday, January 10, 2014

Screen Capture Dengan XnView

XnView adalah sofware pengolah image dan general purpose file manager untuk viewing, converting, dan editing image. XnView tersedia untuk berbagai platform sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac. Bahkan tersedia juga untuk perangkat mobile seperti Android. Beberapa kelebihan XnView adalah aplikasi ini sudah dibundel (built in) dengan beberapa fiture seperti hex-inpection, batch renaming, dan screen capture. Akan tetapi pada artikel ini hanya akan dibahas mengenai cara menggunakan tool screen capture dengan software ini. XnView bisa diunduh pada link ini.


Langkah - langkah menggunakan screen capture dengan XnView adalah sebagai berikut :
  • Fitur screen capture bisa diakses melalui menu tools atau dengan melalui toolbar dengan ikon kamera
 Fiture capture melalui menu Tool

Fiture Capture melalui toolbar
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut


Terlihat ada dua pilihan yaitu capture area dan method. Capture area berfungsi untuk menangkap objek yang nanti akan menjadi bentuk image. Ada dua pilihan untuk capture area yaitu desktop dan rectangle.
Pilihan desktop ialah menangkap keseluruhan objek desktop, sedangkan rectangle (sesuai artinya yaitu kotak) ialah menangkap objek dengan membentuk kotak dimana kita bisa melakukan drag secara bebas (klik dan tahan objek kemudian lepas). Untuk mempermudah pemahaman berikut screen shoot-nya :

 Hasil capture dengan pilihan Desktop


Hasil capture dengan pilihan Rectangle

Sedangkan yang dimaksud dengan method adalah bagaimana cara untuk melakukan capture screen. XnView menyediakan dua pilihan yaitu Delay dan HotKey. Pilihan delay berfungsi untuk melakukan capture screen secara otomatis dengan pengaturan waktu dalam satuan second (detik). Sedangkan Hotkey berfungsi untuk melakukan capture screen dengan menekan tombol tertentu,contoh pada gambar di atas misalnya dengan menekan tombol F2.

XnView bukanlah software yang opensource tetapi free untuk penggunaan personal, edukasi, dan penggunaan non-profit. Sedangkan untuk penggunaan yang lain akan dikenakan sebagai software komersial. Meski demikian, patut diberikan jempol karena XnView merupakan alternatif yang sangat baik untuk menggantikan ACDSee yang berbayar selain itu dapat digunakan diberbagai macam sistem operasi.

Mengenai spesifikasi perangkat lunak yang penulis pakai :
  • GNU/Linux Debian 7
  • Desktop KDE
  • XnView versi 0.64
Semoga tutorial ini bermanfaat untuk pembaca.

Salam Open Source

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.