Wednesday, January 22, 2014

Mengaktifkan Menu Cepat - Synapse

Synapse merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengakses menu dengan cepat. Berbeda dengan menu bawaan DE, Synapse merupakan search engine application sehingga hanya dengan mengetik sebagian kata (menyebutkan aplikasi dengan tidak lengkap). Synapse akan memberikan pilihan aplikasi yang terbaik sesuai dengan keyword yang dimasukan pengguna

Misal saya mengetik ecli maka Synapse akan mencari nama aplikasi sesuai dengan apa yang saya ketik misalnya eclipse
Cara menginstal Synapse sangat mudah cukup anda membuka software center atau jika dengan terminal ketik sudo apt-get install synapse. secara default untuk menjalankan aplikasi ini menggunakan kombinasi keyboard ctrl+space, dan jika menginginkan kombinasi yang lain gunakan di menu setting / preferences.

Untuk bisa mengakses menu preferences, klik tanda titik yang berada di ujung kiri aplikasi (di gambar terlihat dengan tanda yang dilingkar hijau).



Jika anda menginginkan aplikasi ini autostart saat booting, pilih menu preferences dan cek checkbox startup on login selain ada pilihan juga untuk menampilan ikon Synapse di tray / panel dengan pilihan show notification icon.







Apakah Synapse kompatibel dengan semua jenis DE?
Synapse mampu berjalan dengan semua DE, dan DE yang penulis gunakan adalah KDE 4.8 dengan sistem operasi Debian. Synapse juga sangat baik jika anda menggunakan DE yang minimalis seperti OpenBox.

Salam Open Source

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.