Sunday, January 19, 2014

Cara Update Browser Midori dan Iceweasel di Debian 7

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Debian stabil menyediakan paket aplikasi yang stabil sehingga kadang ada beberapa paket aplikasi beserta pustakanya yang terlalu lama karena tidak ter-uptodate. Hal demikian terjadi pada browser Midori dan Iceweasel, padahal dibalik semua itu teknologi internet semakin meningkat dan jika browser tidak uptodate maka kemungkinan yang terjadi ada beberapa fitur tidak bisa dilayani atau ditangani oleh web browser.

Sebelum melangkah bagaimana proses update-nya, alangkah lebih baiknya saya jelaskan sedikit ulasan tentang ke dua browser tersebut.
Midori adalah browser yang sederhana, ringan, cepat, dan stabil. Midori sudah menjadi browser standar (default browser) pada beberapa distribusi GNU/Linux seperti Elementary.
Iceweasel merupakan browser dari mozilla sama seperti firefox, akan tetapi hanya tersedia di lingkungan Distribusi GNU/Linux Debian (kemungkinan keturunannya) dan sudah menjadi browser standar untuk rilis versi di Debian.

  • Update Browser Midori
* buka terminal dan login sebagai root
* edit file sources.list dan tambahkan repositori berikut :
deb http://ppa.launchpad.net/midori/ppa/ubuntu precise main  

* tambahkan gpg key melalui terminal :

sudo apt-key adv --recv-keys --keyserver keyserver.ubuntu.com A69241F1

* lakukan update dengan mengetik

sudo apt-get update & apt-get upgrade

  • Update Browser Iceweasel
*buka terminal dan login sebagai root
*edit file sources.list atau bisa membuat source baru di folder /etc/apt/sources.list.d/ dengan nama iceweasel.list (:misal) kemudian tambahkan repositori berikut :

deb http://mozilla.debian.net/ wheezy-backports iceweasel-release

* instal apt key di link ini atau jika ingin lebih mudah bisa unduh file deb-nya di link ini
* lakukan update seperti cara sebelumnya.

Berikut screenshoot kedua browser yang telah diupdate :





Cara ini saya lakukan di mesin komputer saya dengan sistem operasi Debian 7 dengan Desktop KDE :) . Bila anda menggunakan sistem operasi selain debian 7 (mungkin beda versi) cara ini masih bisa dilakukan dan hanya tinggal mengganti nama versinya saja contoh pada repositori iceweasel nama wheezy diganti sesuai dengan nama versi debian yang anda pakai. 

Salam Open Source

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.