Sunday, March 30, 2014

Mengapa Linux Lebih Baik

Linux atau GNU/Linux siapa yang tidak kenal apalagi khususnya di lingkungan Akademisi. Sistem operasi ini mempunyai banyak kelebihan, tidak hanya itu saja Linux juga handal baik untuk pemakaian desktop atau pun sebagai server. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan ulasan tulisan mengenai kelebihan Linux dan mengapa lebih baik menggunakan sistem operasi Linux. Saya tidak mengecap bahwa Linux adalah sistem operasi yang terbaik, tidak sama sekali demikian. Karena dari segi terbaik tentu setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda. Saya sekaligus sebagai pengguna Linux tentu mempunyai alasan - alasan tertentu mengapa sistem operasi Linux lebih baik dari sistem operasi yang ada, berikut penjelasannya.

1. Lupakan tentang virus

Virus merupakan satu kata yang sangat kental di telinga kita, terutama ketika menggunakan sistem operasi Windows. Untuk menanggulangi masalah virus, tentu hal yang utama adalah menginstal anti virus dan lagi tidak semua anti virus mempunyai deteksi yang baik dari semua jenis virus. Karena saat ini jumlah jenis virus sangat banyak sebanding dengan kebutuhan internet yang kian meningkat. Anti virus tersedia secara cuma - cuma atau gratis, akan tetapi dengan layanan gratis mesti harus terbayarkan dengan minimnya fitur - fitur yang ada di versi pro atau premiumnya. Dengan menggunakan Linux, sudah lupakan saja masalah virus. Karena di Linux jumlah virus sangat kecil bahkan nyaris tidak ada sama sekali ;) .

2. Apakah sistem anda stabil

Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika kita sedang asyik bermain komputer kemudian muncul notifikasi bahwa aplikasi crash yang menyebabkan aplikasi harus direstart. Tidak hanya itu kadang kala kita pun harus terpaksa berhadapan dengan Blue Screen yang menyebabkan komputer harus direstart juga, beruntung jika kita tidak sedang mengerjakan suatu projek pada aplikasi tertentu, namun jika hal itu terjadi akan banyak  waktu lagi untuk mengulang hal yang sama. Berbeda dengan sistem operasi GNU/Linux istilah Blue Screen tidak ada sama sekali apalagi terjadi crash pada aplikasi. Anda membutuhkan sistem untuk restart, hanya ketika sistem telah diupdate
selebihnya tidak demikian. 


3. Linux melindungi komputer anda

Setelah menginstal Windows anda akan disibukan dengan menginstal anti virus, anti ad-aware, firewall, dan lain sebagainya. Setelah itu anda pun sering bertanya, apakah anti virus tersebut handal dan dapat melindungi komputer saya??? . Berbeda dengan menggunakan Linux, setelah komputer terinstal Linux anda tidak lagi dipusingkan dengan serangkaian kekhawatiran tentang virus, program penyusup, dan lain sebagainya. Linux melakukan anda sebagai seorang administrator, yang tanpa otentifikasinya tentu selain atas otoritas anda program atau aplikasi yang masuk ke sistem tidak akan bisa terinstal atau menginfeksi ke sistem. Linux merupakan paket aplikasi dimana dikembangkan oleh sebuah komunitas karena Linux bersifat open source. Sehingga tersedia update secara kontinyu yang akan menjaga dan menjamin sistem anda stabil :) .

4. Simpan uang anda

Linux bisa diperoleh secara cuma - cuma hanya dengan bermodalkan mengunduhnya di internet. Linux dikembangkan secara gotong royong yang menjamin tentang keamanan, kestabilan dan kenyamanan dalam pemakaian. Jika anda menginstal sistem operasi Windows atau yang sudah menjadi satu paket dengan hardwarenya seperti Mac OS, anda mau tidak mau harus membayar mahal untuk mendapatkannya. Dan lagi, anda pun harus menginstal aplikasi A, B, C, .... di Linux anda tinggal duduk diam, tunggu unduhan selesai, burning ISO ke flashdisk atau CD/DVD, kemudian instal ke komputer dan tunggu beberapa menit baru anda bisa bereksplorasi dengannya :) . Jadi untuk menikmati sistem operasi yang handal, stabil tidak harus terbayarkan mahal bukan? lebih baik simpan uang anda kemudian sisihkan dan berikan donasi kepada pengembang distro Linux yang anda pakai ;) .

5. No CrapWare

Crapware atau program pra-instal adalah paket software yang sudah diinstal dan berlisensi di komputer dari OEM (Original Equipment Manufacture). Crapware merupakan model bisnis yang tanpa sepengetahuan pengguna nantinya paket aplikasi itu adalah berbayar dengan berbatas waktu atau trial misal 1 minggu atau 1 bulan. Di linux tentu berbeda, semua aplikasi yang tersedia adalah bebas dari Crapware sehingga anda pun tidak akan dikecewakan lagi dengan program trial.



6. Linux is Freedom

Freedom atau kebebasan merupakan suatu istilah bahwa Linux merupakan sebuah aplikasi yang tersedia bebas, sehingga setiap orang bisa mengunduhnya bahkan tersedia juga kode sumber atau source yang memungkinkan bagi siapapun diberikan hak untuk mengembangkannya sesuai kebutuhan dan mendistribusikannya lagi baik dalam bentuk cuma - cuma maupun komersial dengan catatan tetap meninggalkan lisensi aslinya atau Copy Left



7. Jika sistem telah terinstal, mengapa masih disibukan dengan perkara yang lain

Pengalaman telah membuktikan, jika anda menginstal Windows di komputer tentu setelah itu anda akan direpotkan dengan menginstal aplikasi macam - macam. Di Linux, semua telah tersedia dari paket aplikasi office, multimedia, grafis, dan utiliti yang lain sudah terinstal langsung. Jadi anda tidak lagi disibukan dengan menginstal aplikasi - aplikasi lain yang tentu akan lebih banyak memakan waktu anda. Jadi mengapa harus repot, bukankah Linux sudah menyediakan semuanya dengan baik???


8. Lupakan driver 

Linux sekarang sudah sangat baik mengenal perangkat hardware komputer, sehingga anda tidak lagi direpotkan dengan keharusan menginstal driver... NO MORE DRIVER ..... Linux sudah memasukan paket driver untuk beberapa vendor hardware, kalau pun jika masih ada hardware yang tidak terdeteksi atau tidak bekerja semestinya biasanya anda akan dituntun untuk menginstal driver melalui menu Additional Driver yang biasanya bisa ditemui di menu pengaturan. Tidak hanya itu, komunitas pun siap membantu dikala anda menemui kesulitan terhadap perangkat sistem komputer anda. Untuk mengantisipasi atau memastikan bahwa Linux yang akan diinstal dikomputer anda mengenal baik semua perangkat hardware, Linux sekarang hampir semuanya menyediakan Live CD/DVD. Sehingga sebelum anda menginstalnya di sistem, anda bisa mencicipi apakah Linux bekerja baik di komputer. 

9. Update sistem dengan one click

Jika anda terhubung internet, otomatis Linux akan mengupdate dirinya yang kemudian akan muncul notifikasi apa saja dan seberapa besar ukuran aplikasi yang akan diupdate. Jadi anda hanya tinggal Klik, Linux yang pintar pun akan dengan tangkas melakukan update :D .





10. Tidak usah khawatir, kopi atau duplikasikan CD/DVD Linux anda ke yang Lain

Linux merupakan paket aplikasi dengan lisensi GPL atau General Public Lisence atau lisensi terbuka yang memungkinkan semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengembangan, mengunduh secara bebas bahkan menggandakannya untuk dikopikan kep
ada yang lain. Jadi anda tidak lagi bimbang memikirkan berapa komputer yang bisa diinstal dengan Linux. STOP... berfikir demikian.. bahkan dianjurkan untuk melakukan duplikasi ke yang lain untuk menekan penggunaan software ilegal :) .


11. Mengapa sibuk mencari paket aplikasi di web browser anda ?


Linux sudah memfasilitasi software center yang menjembatani pengguna untuk menginstal berbagai aplikasi sesuai keperluannya. Jadi mengapa masih sibuk duduk di depan komputer untuk mencari aplikasi apa lagi mencari program anti virus.. malu bukan :D



12. Nikmati desktop 3D

Anda bosan dengan tampilan desktop yang itu - itu saja dengan efek animasinya yang melelahkan mata?? Linux memberikan jawabannya, anda bisa menikmati efek animasi yang beragam dan cantik hanya dengan menginstal paket aplikasi Compiz . 


13. Difragment disk? tidak lagi

Saat anda masih menggunakan Windows tentu sangat lekat dengan istilah defragment. Fungsinya adalah agar struktur berkas tersusun rapi sehingga efeknya akan meningkatkan performa komputer. STOP... jangan katakan di Linux anda harus men-difragment komputer anda. Linux mengalokasikan file dengan cara yang lebih cerdas.




14. Pilih desktopmu suka - suka

Di Linux sangat kental dengan istilah DE atau Desktop Environment yang merupakan aplikasi untuk menampilkan grafis atau antar muka. Jika anda pengguna Windows, tentu masih ingat antar tampilan versi Windows Xp dengan Windows Seven atau tampilan versi - versi yang lain, beda bukan? Di Windows setiap kali merilis versi terbarunya akan membawakan tampilan yang beda juga. Namun sayang, untuk pengguna versi sebelumnya tidak bisa menikmati tampilan yang sekarang. Di Linux tampilan - tampilan ini dinamakan DE atau Desktop Environment. Banyak sekali jenis - jenis DE, namun berikut adalah jenis - jenis DE yang sering dipakai oleh berbagai macam distro :
  • GNOME
  • KDE
  • XFCE
  • LXDE
  • Cinnamon
  • Mate
  • OpenBox
Masing - masing DE bisa diinstal dalam satu sistem, sehingga anda bisa menggunakannya sesuai pilihan anda.

15. Sekali instal, aplikasi sudah tersedia secara lengkap

Bayangkan jika anda menginstal Windows, kemudian anda pun harus capek lagi untuk menginstal aplikasi yang lain. Di Linux tidak demikian, ketika kita menginstalnya beberapa paket aplikasi standar sudah menjadi satu bundle. Mulai dari aplikasi perkantoran, internet, multimedia sampai aplikasi pendukung pemrograman.




16. Tidak ada backdoor di aplikasi yang akan anda instal

Backdoor adalah aplikasi penyusup yang memungkinkan untuk mengakses sistem anda melalui software yang anda instal. Linux merupakan sistem operasi yang mempunyai tingkat keamanan yang patut dihandalkan sehingga memungkinkan setiap software yang anda instal tidak lagi tertanam aplikasi penyusup seperti backdoor.




17. Nikmati gratis dan dukungan  untuk selamanya

Windows anda akan habis masa supportnya ? atau Windows anda terkena blacklist dari Microsoft sehingga Windows menjadi sosok yang trial. Dengan Linux anda tidak dikenakan biaya apapun untuk memperolehnya, anda hanya disarankan untuk memberikan support bagi pengembang dalam bentuk donasi dengan jumlah terserah anda sendiri. Tidak hanya itu, di Linux tidak dikenakan biaya upgrade misalkan ada rilis terbaru. Anda hanya disuguhkan untuk menyiapkan koneksi internet yang kencang untuk melakukan upgrade :) .

18. Nikmati lebih dari satu workspace

Fitur workspace memungkinkan anda melakukan pekerjaan dengan beragam aplikasi di virtual desktop yang berbeda. Misalkan anda sedang menggunakan aplikasi A dan B di desktop sekarang, anda pun bisa membuka virtual desktop baru dengan menggunakan aplikasi yang sama atau juga berbeda.





19. Nikmati beragam aplikasi multimedia

Siapa bilang Linux merupakan sistem operasi yang menjenuhkan karena kurangnya dukungan aplikasi multimedia. Sekarang sudah sangat banyak tersedia aplikasi multimedia, dari pengolah grafis, pemutar file audio video sampai aplikasi editor audio video .





Itulah beberapa kelebihan Linux, dan mungkin setelah memakainya anda pun bisa saja menambahkan kelebihan yang lain. Untuk membaca tutorial lengkapnya, bisa dibaca di url http://whylinuxisbetter.net/ .

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.