Thursday, May 1, 2014

Melirik Indahnya Desktop Deepin 2014

Deepin merupakan salah satu distro Linux menggunakan Ubuntu sebagai dasar sistem operasinya. Dulu Deepin bernama Hiweed Linux, yang dikembangkan di Cina. Sesuai motonya, Deepin menyajikan lingkungan antar muka yang elegan dan cantik. Menggunakan GNOME3 sebagai dasar pengembangan antar mukanya. Deepin sangat cocok digunakan untuk kebutuhan sehari - hari, sehingga sangat tepat jika Deepin sebagai alternatif untuk menggantikan sistem operasi berbayar seperti Windows dan Mac OS.

Setelah rilis versi 12.12 di tahun 2013, rilis berikutnya Deepin menggunakan kode tahun. Dan di tahun 2014 deepin akan merilis versi 2014 yang direncanakan baru bisa diunduh untuk versi stabilnya di bulan Juni. Pada versi 2014 Deepin dengan DE-nya sendiri atau yang disebut DDE (Deepin Desktop Environment), membawa desktop yang unik dan mewah dibandingkan dengan rilis sebelumnya. Ada banyak perubahan untuk antarmuka DDE, dimana tidak ada lagi panel klasik sebagaimana seperti pada DE biasa.
Berikut beberapa tampilan DDE rilis sebelumnya.

Deepin 12.06

Deepin 12.12

Deepin 2013

Pada rilis versi 2014  ada beberapa perubahan yang bisa anda temukan, antara lain sebagai berikut :
  • Proses instalasi sangat berbeda dibandingkan dengan rilis sebelumnya dimana rilis 2014 benar - benar menyajikan antarmuka yang menawan.
Menentukan Timezone

Membuat partisi

Membuat akun

  • Desktop sangat interaktif terdapat dock dengan posisi center (tengah - tengah)

Desktop Deepin dengan panel dock
  • Selain system settings bisa diakses melalui dock, bisa juga dengan melalui sudut pojok kanan.
 System Settings

Akun Pengguna

 Pengaturan Desktop

 Pengaturan Startup Screen

  • Akses menu yang interaktif "one to click", anda bisa mengakses menu aplikasi dengan klik ikon Window yang berada di atas pojok kiri.
Menu Item

Berikut adalah video review Linux deepin 2014

Terima kasih untuk Deepin Indonesia yang bisa dijumpai di milis facebook https://www.facebook.com/groups/deepin.indonesia/.
Sumber foto screenshoot dan artikel :

2 comments:

  1. Deepin mengingatkan saya pada distro Pear OS dulu, tapi sayang sudah dibeli pihak ketiga rasanya. Apa mungkin dibeli oleh Deepin? :D

    ReplyDelete
  2. Gak lah mas... Deepin kan hadir untuk bisa dinikmati semua orang ;)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.