Friday, March 21, 2014

Recording & Playing Back di Terminal

Anda ingat dengan video tutorial atau atau mungkin juga anda telah atau pernah membuatnya? Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk memberikan informasi kepada yang lain dalam bentuk visual sehingga mudah dipahami. Di Linux anda pun bisa merekam dan memainkan ulang ketika anda menggunakan terminal. Hal ini sangat bermanfaat untuk memberikan informasi atas segala aktifitas yang telah kita lakukan di terminal kepada pengguna lain. Untuk melakukannya, kita menggunakan command script dan scriptreplay.

Berikut cara menggunakan kedua command tersebut.

ketik script -t 2> timing.log output.session

untuk mengakhirinya gunakan kombinasi keyboard ctrl+d

Penjelasan

kedua file konfigurasi dilewatkan melalui script sebagai argumen. file yang satu berfungsi untuk menyimpan informasi waktu yaitu timing.log dan satunya lagi, output.session berfungsi untuk menyimpan hasil perintah (command output). Opsi -t digunakan untuk membuang data waktu ke stderr atau dalam perintah diatas menggunakan perintah 2>; . 
Dengan menggunakan kedua file tersebut, timing.log dan output.session kita bisa memainkan ulang apa yang diketikan di terminal sebelumnya beserta hasilnya dengan perintah berikut :

ketik scriptreplay timing.log output.session

Jika anda belum bisa memahami seutuhnya tutorial ini, baiknya andapun mempraktekannya langsung.

Selamat Mencoba :)


Sumber :

Linux Shell Scripting Cookbook 2nd Edition - PACKT Publishing oleh Shantanu Tushar & Sarath Lakshman 2013

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.