Saturday, April 26, 2014

Langkah - langkah Setelah Install Debian 7 KDE

Debian 7 atau Wheezy merupakan salah satu rilis debian stabil yang bisa anda peroleh salah satunya menggunakan repositori berikut :


Beberapa langkah yang perlu anda lakukan setelah menginstal debian 7 dengan desktop KDE, saya ringkas sesingkat mungkin dan sedikitnya anda pun bisa mengikuti beberapa link yang saya sertakan. berikut langkah - langkahnya.

1. Mengubah repositori

Mengubah repositori, kebetulan repositori yang saya pakai adalah negara terdekat yaitu Australia, untuk mengubah repository bisa dilakukan dengan melalui website ini http://debgen.simplylinux.ch/ , berikut screenshoot-nya :


Dengan menekan tombol generate source.list , maka akan menghasilkan list repositori


Copy paste source list tersebut di /etc/apt/sources.list, setelah itu baru lakukan update dengan mengetik apt-get update.


2. Menginstal Plymouth

Agar lebih cantik ketika booting atau pun shutdown (menghilangkan text), instal plymouth beserta temanya. Link berikut sangat jelas untuk membantu dalam mengkonfigurasi plymouth https://wiki.debian.org/plymouth atau http://blog.muksidin.net/2013/11/menginstal-plymouth-di-debian.html.


3. Menginstal GTK-KDE

Agar Desktop KDE lebih terintegrasi dengan aplikasi yang menggunakan GTK instal paket berikut :
kde-config-gtk-style
gtk2-engines-oxygen
gtk3-engines-oxygen
Lebih jelasnya ikuti link ini https://wiki.debian.org/KDE

Setelah terinstal konfigurasi tampilan dengan melalui menu System Settings dan pilihApplication Appearance kemudian pilih Gtk Configuration.


Anda pun bisa mempercantik desktop KDE anda dengan tema elementary di link ini http://blog.muksidin.net/2014/03/kustom-kde-desktop-dengan-khas.html

4. Menambahkan repositori Iceweasel

Berbeda dengan distribusi yang lain, paket aplikasi peramban web tidak menggunakan Firefox akan tetapi menggunakan Icewasel, Walau berbeda akan tetapi Iceweasel merupakan produk dari Mozilla juga. Di paket instalasi Icewasel yang terpasang versi 17 sedangkan saat ini sudah mencapai versi 25. Karena di Debian mempertahankan kestabilan paket aplikasi, beberapa aplikasi tidak bisa terupdate ke versi yang baru seperti Iceweasel. Tentu hal ini cukup bermasalah, karena perkembangan internet sangat pesat dan tentu juga dengan beragam bahasa penyusun di dalam peramban tersebut yang tentunya membutuhkan framework yang baru. Oleh karena itu agar Iceweasel bisa terupdate, secara manual tambahkan repository di sources.list atau buat file list baru di /etc/apt/sources.list.d misal dengan nama iceweasel.list. Setelah ditambahkan, seperti biasa lakukan update dan otomatis Iceweasel terupdate ke versi yang baru. Tutorialnya bisa ikuti link ini http://mozilla.debian.net/

5. Menginstal Flash Player

Paket flash player plugin di Debian 7 secara default belum terinstal, untuk menginstalnya ketik apt-get install flashplugin-nonfree atau bisa juga melalui package manager seperti Apper.

6. Menginstal Synaptic Package Manager

Walau Apper yang berfungsi sebagai package manager sudah terinstal secara default, akan tetapi saya lebih suka menggunakan sypnatic package manager, untuk menginstalnya ketik apt-get install synaptic .

7. Mengaktifkan Colouring Text di Vim

Memberi warna atau coloring text pada terminal, bisa ikuti link ini http://forums.debian.net/viewtopic.php?t=11773

2 comments:

  1. wah saya ketinggalan update debian nih debian punya saya masih leny,,,
    izin download mas,,,

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.