Wednesday, April 16, 2014

nm-applet Tidak Muncul di Panel Lubuntu Setelah Upgrade

nm-applet atau Network Manager Applet berfungsi untuk memudahkan koneksi internet melalui applet di panel. Sebelumnya saya menginstal Lubuntu 14.04 versi beta 2. Kemudian menjelang rilis versi stabilnya saya lakukkan upgrade dan memakan bandwith sekitar 300 MB lebih. Harapan saya untuk mengupgrade Lubuntu adalah agar diperoleh sistem yang lebih stabil karena versi yang saya pakai adalah dalam tahap beta belum stabil.

Saya upgrade Lubuntu melalui lxterminal dengan menggunakan aplikasi tmux. Setelah selesai, saya restart komputer dan booting dengan normal sampai masuk ke mode dekstop. Namun yang saya dapati adalah tidak ada network applet. Saya mencoba mencari applet tersebut di Add / Remove Panel Items, namun tidak saya dapati applet tersebut. Akhirnya saya mencoba mencari di Google, dan menemukan kasus - kasus yang serupa walau sedikit berbeda. Meski demikian, saya pun belum menemukan solusinya. Akhirnya setelah mampir ke sana kemari, saya menemukan diskusi di Ubuntu forum. Berikut adalah solusinya :
  • edit file autostart di ~/.config/lxsession/Lubuntu
  • tambahkan command @nm-applet
  • logout atau restart sistem
Cara tersebut 100 % berhasil di Lubuntu saya, apabila masalah anda belum terselesaikan dengan solusi tersebut, silahkan tinggalkan komentar.

sumber :
http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=2182986 

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.