Saturday, May 3, 2014

Aplikasi Kamus Inggris-Indonesia di Linux

Aplikasi Kamus sangat bermanfaat bagi kita utamanya ketika kita akan menerjemahkan sekumpulan kata untuk diterjemahkan ke dalam bahasa lain, dalam konteks ini bahasa Inggris - Indonesia atau sebaliknya. Kesulitan - kesulitan yang dihadapi oleh pemula Linux atau seseorang yang baru bermigrasi ke sistem operasi GNU/Linux salah satunya adalah kendala pada seberapa lengkapkah aplikasi di dalamnya. Demikian adalah hal wajar, karena sebelumnya telah ter-Windowsisasi dengan begitu banyak dukungan aplikasi baik yang berbayar maupun free termasuk open source.

Kelengkapan aplikasi di Linux sekarang tidak perlu dipertanyakan, karena berbagai aplikasi alternatif telah tersedia. Tinggal kita saja untuk menyesuaikannya dan bereksplorasi di dalamnya. Satu hal lagi yang perlu di perhatikan, Linux mempunyai segudang aplikasi yang bisa kita jumpai dengan menggunakan Software Center. Apalagi Ubuntu yang merupakan salah satu distro ternama dan paling cocok digunakan untuk kebutuhan komputasi sehari - hari, tidak hanya itu juga Ubuntu pun sangat baik untuk digunakan semua kalangan baik pemula sampai tingkat mahir, mempunyai aplikasi khusus software center yang disebut USC atau Ubuntu Software Center untuk melihat beragam aplikasi gratis maupun berbayar. Atau juga bisa menggunakan Synaptic Package Manager atau bisa juga menggunakan Apper. Namun hal yang baik, gunakan saja USC karena selain menampilkan detail tentang aplikasinya juga disertakan review dari pengguna di dalamnya sehingga bisa dijadikan referensi bagi anda.

Sebelumnya saya sempat menulis artikel tentang aplikasi Kamus di Linux yaitu GKamus dan KamusPlus. GKamus dibangun menggunakan bahasa C++ dengan menggunakan library GTK sedangkan KamusPlus menggunakan bahasa java. Kedua - duanya mempunyai pustaka bahasa yang sangat lengkap sehingga sangat cocok jika dipasang di Linux anda. Selain jenis kedua aplikasi tersebut juga ada aplikasi sejenis yang lebih powerfull, yang mendukung berbagai bahasa (tinggal anda memasang pustakanya di /usr/share/stardict/dic), scanning, dan yang paling wah mendukung juga google translate sehingga anda tidak perlu lagi membuka browser. Cukup dilakukan dengan melalui stardict.

Berikut ulasan singkat mengenai aplikasi - aplikasi kamus tersebut.
  • GKamus, jika anda pengguna Ubuntu GKamus telah tersedia di repositori sehingga akan memudahkan anda untuk mengintal aplikasi tersebut dengan melalui USC atau jika menggunakan terminal ketik sudo apt-get install gkamus. Dan jika anda bukan pengguna Ubuntu, anda pun bisa mengikuti link ini .
  • KamusPlus, merupakan salah satu aplikasi Kamus yang mendukung multiplatform. KamusPlus tidak tersedia di repositori baik di Ubuntu maupun distro yang lainnya. Untuk ulasan lengkapnya anda bisa mengikuti tutorial di link ini .
  • Stardict, merupakan aplikasin kamus terlengkap dan mendukung multiplatform. Stardict tersedia di beberapa distro seperti Ubuntu, Debian, Fedora dan lain sebagainya. Jika anda pengguna Debian atau derivatifnya, jika menggunakan terminal cukup ketik sudo apt-get install stardict. Tutorial lengkapnya bisa gunakan link ini dan unduh kamus datanya di sini
Harapan pengguna Linux tentunya berharap semakin banyak aplikasi yang tersedia di sistem operasi tersebut sehingga memudahkan dalam berbagai urusan terkait dengan fungsi dari masing - masing aplikasi. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca :)

Salam Open Source


0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.