Thursday, May 22, 2014

Beragam Menu Launcher di KDE


KDE merupakan sebuah desktop yang sangat mewah, lebih dari itu KDE yang sebelumnya dikatakan sebagai desktop modern yang hanya mampu bisa berjalan di komputer modern, nyatanya bisa dijalankan di komputer dengan spesifikasi hardware yang relatif tidak baru. Di bandingkan Unity kepunyaan Ubuntu, desktop tersebut memang tidak ramah dan hanya pada hardware tertentu saja yang bisa lancar untuk menggunakannya.


Selain sebagai desktop yang mewah, KDE sebenarnya sudah cukup cantik bilamana digunakan tanpa harus mengoprek ulang. Namun pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi tentang beragam menu launcher di KDE yang bisa anda gunakan untuk menjadikan desktop KDE anda menjadi lebih menarik, berikut ulasannya.

  • Menu Standard KDE

Menu ini merupakan menu standard yang dimiliki oleh KDE dan merupakan default dari KDE. Mengakses aplikasi di menu ini lebih mudah karena disediakan kolom search. Namun sayang, menu ini terlalu lebar dan dipandang kurang bagus (:menurut saya) untuk ukuran desktop yang relatif kecil (misalnya netbook).
  • Menu Standard Klasik KDE

Menu ini menyerupai menu klasik yang bisa di jumpai di Windows XP. Menu ini relatif ringan, namun sayang kurang sreg di pandang mata. Selain itu kekurangannya untuk mencari aplikasi harus dilakukan secara manual atau setidaknya anda harus tahu dimana kategori dan nama aplikasi yang dicari :). Karena menu ini tidak menyediakan kolom pencarian.
  • Homerun Kicker

Homerun Kicker merupakan menu favorit saya, karena sederhana, cantik akan tetapi tetap power full. Homerun Kicker persis menyerupai menu klasik KDE, akan tetapi yang membedakan Homerun Kicker tetap menjaga eleganitasnya. Hal ini dibuktikan dengan tetap menjaga kolom search disertai efek glass dan color yang mengikuti tema di KDE. Homerun Kicker mampu terintegrasi dengan baik ketimbang menu klasik ketika mengakses menu dengan melalui tombol superkey (tombol ikon Windows).
  • Homerun Launcher

Homerun Launcher masih satu paket dengan Homerun Kicker. Homerun Launcher menyerupai dengan ROSA Launcher (di ROSA dinamakan Simple Welcome). Launcher ini persis seperti GNOME3 yang menyediakan menu dalam layar yang lebar (menutupi seluruh desktop). Homerun Launcher mungkin tidak sreg dengan desktop yang ukurannya relatif kecil. 

Untuk menginstal Homerun Launcher, jika anda seorang pengguna Fedora atau derivatif-nya atau memakai paket yum bisa anda ketik di terminal sudo yum install homerun. Namun jika anda pengguna Ubuntu bisa anda ketik di terminal sudo apt-get install plasma-widget-homerun


* Untuk mengaktifkan tombol Windows atau biasa yang disebut superkey, bisa anda ikuti link ini. 

Selamat Mencoba :D


0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.