Monday, May 19, 2014

Memperhalus Tampilan Font di KDE

Saya menggunakan KDE di Debian untuk pertama kalinya tampilan font sangatlah tidak menarik, sehingga mudah membuat saya cepat jenuh dan bosan dengan desktop yang saya miliki. Saya mencoba bandingkan dengan desktop KDE di ROSA dan OpenMandriva dimana keduanya mempunyai tampilan font yang lebih halus. Sebenarnya ini bukanlah masalah, namun jika anda akan bekerja dengan Office Processor (seperti LibreOffice, WPS Office) akan sangat mengganggu pandangan anda.

Saya mencoba mencari solusi tersebut, dan dari beberapa sumber di internet tidak ada yang membahas masalah yang saya alami (berdasarkan pencarian saya). Akhirnya saya mencoba mengoprek dimana letak pengaturan agar tampilan font lebih menawan dan Alhamdulillah dengan ditulisnya artikel ini berarti saya sudah menemukan solusi tersebut.  

Jika anda mengalami hal yang sama atau persis dengan apa yang saya alami, anda hanya perlu sedikit mengatur tampilan font yang bisa anda jumpai di Menu Settings dan pilih Application Appearance kemudian pilih Fonts. Setelah itu pada Font Settings atur aliasing font yang bisa anda akses pada label Use anti-aliasing kemudian pilih enable. Kemudian pilih tombol Configure, pada jendela baru check list Use sub-pixel rendering dan pada pilihan Hinting Style pilih None.

Pengaturan Font

Berikut hasilnya, 

Sebelum mengaktifkan anti-aliasing


Sesudah mengaktifkan anti-aliasing


Sebelum mengaktifkan anti-aliasing


Sesudah mengaktifkan anti-aliasing


Selamat Mencoba :D

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.