Wednesday, May 28, 2014

Membuat Docs Root LAMP

Pada tutorial yang pernah saya tulis sebelumnya atau yang anda bisa buka di url ini http://blog.muksidin.net/2013/07/pemrograman-web-di-linux.html . Saya pernah mencoba membuat softlink terhadap suatu folder yang di-link-kan ke folder htdocs, yang kemudian folder tersebut bisa diakses dengan mengetik http://localhost/softlink. Cara tersebut bekerja sempurna di Debian, Ubuntu, OpenSUSE, ROSA, dan OpenMandriva. Namun, ketika saya menggunakan Fedora cara tersebut tidak berhasil sama sekali. ACCESS FORBIDDEN 403, saya mencoba mengubah hak akses folder htdocs agar bisa diakses secara full atau dengan nilai 777. Akan tetapi tetap tidak bisa dan dengan hasil yang sama. Setelah mencari solusi dengan searching di google, bertanya di forum fedora dan juga forum ABL yang bisa dijumpai di link https://www.facebook.com/groups/ayobelajarlinux/  dengan beberapa solusi yang ditawarkan, akhirnya saya menjumpai solusi dengan membuat Document Root.

Mengenai pengertian dari Document Root, Document Root atau yang biasa disebut Docs Root adalah suatu folder yang digunakan di server yang biasanya untuk menyimpan web pages. Web pages tersebut bisa berupa file html, css, php dan lain sebagainya yang sebagaimana kita biasa mengakses suatu website melalui browser.

Berbeda dengan menginstal web server dengan melalui repository fedora itu sendiri, doc root biasanya terletak di /var/www. Akan tetapi dengan menginstal secara manual dari http://www.apachefriends.org,  docs root terletak di direktori /opt/lampp/htdocs/. Keinginan saya adalah membuat docs root di folder home, sehingga kurang lebih skemanya seperti ini /home/muksidin/docsroot. Meski demikian nantinya, untuk mengakses webpage yang ada di folder tersebut tetap sama. Berikut ini langkah - langkahnya .
  • Pastikan LAMP telah terinstal
  • Edit file httpd.conf yang ada di /opt/lampp/etc/, atau jika dengan menggunakan Vim editor ketik sudo vi /opt/lampp/etc/httpd.conf.
rubah baris baris /opt/lampp/htdocs/ dengan dengan direktori yang telah anda buat misal /home/muksidin/webSaya.


  • Rubah hak akses untuk direktori home dengan nilai 711 atau ketik chmod 711 /home/muksidin
  • Rubah hak akses folder yang dijadikan docs root dengan nilai 777 atau ketik chmod 777 -R /home/muksidin/webSaya
  • Restart webserver dengan mengetik sudo /opt/lampp/lampp restart
Keuntungan dengan menggunakan docs root di folder home tentunya akan lebih menghemat space disk di folder root atau sistem. Selain itu pada kebanyakan IDE PHP seperti Aptana, PHPStorm, Eclipse PHP membuat folder tersendiri sebagai workspace-nya. Saya pernah mencoba membuat default workspace Aptana di folder htdocs, meski nyatanya saya telah mengubah akses folder tersebut dengan nilai 777 akan tetapi Aptana tidak bisa dijalankan dengan baik hanya sampai pada splash startup. 

Selamat Mencoba :)

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.