Wednesday, June 25, 2014

Oprek XFCE Bagian II - Whisker Menu Theme

Pada tutorial sebelumnya yaitu Oprek XFCE Bagian I, saya telah membahas tentang cara mengubah tema Display Manager di desktop Xubuntu dengan menggunakan LightDM. Tutorial tersebut bisa anda akses di url http://blog.muksidin.net/2014/05/oprek-xfce-bagian-i-lightdm.html. Di kesempatan kali ini saya mencoba menuliskan kembali bagaimana cara mengubah tema Whisker menu, yang merupakan menu launcher di lingkungan desktop XFCE.

Whisker menu merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan antarmuka yang mudah agar bisa mengakses application launcher dengan cepat. Awalnya menu di XFCE menggunakan menu klasik yang mempunyai antarmuka yang sederhana dan menyerupai menu klasik Windows XP. Sayangnya dengan menu klasik tersebut, nyatanya tidak sederhana ketika mengakses aplikasi dan kekurangan yang lain tidak terintegrasi baik dengan Superkey (tombol windows di keyboard).

Dengan kekurangan yang ada pada menu klasik, akhirnya developer mengembangkan menu yang lebih baik dan user friendly yaitu Whisker menu. Untuk bisa menggunakan Whisker menu, khususnya di distro Ubuntu sebelumnya anda harus menambahkan repository Whisker menu. Akan tetapi dengan rilis XFCE terbaru, Whisker menu sudah tersedia default repository. Sehingga kita tidak usah lagi menambahkan repository yang dulu dipakai oleh Whisker menu.

Pada pembahasan kali ini fokus mengoprek desktop XFCE adalah pada Whisker menu. Tanpa dioprek pun Whisker menu sebenarnya sudah mampu terintegrasi dengan tema yang terpasang di sistem. Akan tetapi kadang sayang rasanya jika menggunakan Linux tanpa mengoprek termasuk mengoprek desktop yang merupakan salah satu kegiatan pengguna Linux yang tidak ada bosannya. Selain pembahasan tentang kustom tema Whisker menu, saya pun menambahkan pembahasan sederhana bagaimana agar Whisker menu terintegrasi dengan superkey.


1. Kustom Tema Whisker Menu

Untuk mengkustom tema Whisker menu sangat mudah dilakukan, anda hanya butuh menambahkan beberapa kode ke .gtkrc-2.0 yang bisa diakses di folder home dengan menampilkan hidden files atau dengan kombinasi keyboard menggunakan ctrl+h. Berikut tutorial sederhana mengenai kustom tema whisker menu yang bisa anda pelajari.

Untuk melengkapi praktik pastikan desktop yang anda gunakan adalah XFCE dan Whisker menu sudah terpasang di komputer anda. Selanjutnya, saya ingin membuat Whisker menu dengan tema yang sedikit gelap yaitu dengan mengkomposisikan warna abu pekat dan putih. Tambahkan kode berikut di .gtkrc-2.0.

style "darkback"
{
 bg[NORMAL] = "#404040"
 bg[ACTIVE] = "#606060"
 bg[PRELIGHT] = "#808080"
}
widget "whiskermenu-window*" style "darkback"

Berikut adalah hasilnya,


Namun rasanya kurang cocok, jika kombinasi warna teks group menu hitam dengan tema warna dasar abu pekat. Sehingga kita perlu mengedit dengan menambahkan beberapa parameter.

style "darkback"
{
 bg[NORMAL] = "#404040"
 bg[ACTIVE] = "#606060"
 bg[PRELIGHT] = "#808080"
 fg[NORMAL] = "#ccc"
 fg[ACTIVE] = "#fff"
 fg[PRELIGHT] = "#fff"
}
widget "whiskermenu-window*" style "darkback"

Berikut adalah hasilnya,


Tema tersebut terlihat sudah sangat cocok baik untuk kombinasi warna menu favorit mau pun menu group. Jika anda ingin membuat tema abu pekat secara keseluruhan, yaitu dengan mengubah warna putih pada menu favorit. Tambahkan kode berikut, setelah kode pertama yang telah dibuat.

style "darktree"
{
 base[NORMAL] = "#404040"
 base[ACTIVE] = "#606060"
}
widget "whiskermenu-window*TreeView*" style "darktree"

Berikut adalah hasilnya,


Rasanya kurang cocok juga jika teks pada nama aplikasi favorit berwarna hitam, sehingga akan menghalangi pandangan mata untuk mengetahui nama aplikasi terkait. Untuk itu perlu diubah lagi dengan menambahkan beberapa parameter berikut.

style "darktree"
{
 base[NORMAL] = "#404040"
 base[ACTIVE] = "#606060"
 text[NORMAL] = "#ccc"
 text[ACTIVE] = "#fff"
}
widget "whiskermenu-window*TreeView*" style "darktree"

Berikut adalah hasilnya,


Untuk mengubah tema sesuai keinginan anda, rubah nilai dari parameter - parameter tersebut. Anda bisa menggunakan aplikasi Color Chooser.

2. Mengintegrasikan Whisker Menu dengan Superkey

Superkey atau tepatnya tombol yang berlogo Windows di keyboard berfungsi untuk mengakses menu aplikasi. Secara default Whisker menu belum terintegrasi dengan tombol tersebut. Untuk mengintegrasikannya, berikut adalah langkah - langkahnya.
  • Buka menu Settings -> Keyboard ->Application Shortcuts
  • Pilih tombol Add kemudian pada label Command isi dengan xfce4-popup-whiskermenu
  • Setelah anda menekan tombol OK, maka anda diminta masukan berupa tombol atau kombinasi tombol dari keyboard. Tekan tombol superkey (Windows) pada keyboard. Sehingga hasilnya seperti berikut.

Tutorial ini sudah saya praktekan di Ubuntu 14.04 sehingga jika anda mengikuti cara tersebut dengan baik, insyaallah pasti berhasil.

*jika anda tidak menemukan file anda bisa membuatnya sendiri, semisal dengan terminal ketik touch .gtkrc-2.0 .

Selamat Mencoba :) .

*Tulisan asli mengenai cara mengubah tema Whisker menu bisa anda jumpai di blog ini.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.