Monday, June 30, 2014

Nuansa XFCE Numix White

Pada tulisan yang lalu mengenai desktop XFCE yang bisa anda jumpai di url http://blog.muksidin.net/2014/06/kumpulan-komposisi-desktop-xfce-agar.html membahas tentang berbagai komposisi tema dekstop XFCE yaitu dengan mengkombinasikan tema dan ikon sehingga menghasikan nuansa desktop yang lebih modern dari desktop yang lebih sederhana. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas khusus bagaimana tentang mengoprek desktop di XFCE dengan nuansa tema Numix. Numix merupakan sebuah projek yang mengkhususkan diri pada ikon dan tema untuk berbagai macam desktop tidak terkecuali adalah XFCE. Numix merupakan sebuah tema dan ikon yang menekankan pada isi tema yang serba flat.

Untuk keperluan mengoprek dekstop di XFCE sangatlah mudah, pada tutorial kali ini tidak dikhususkan untuk pengguna advanced sehingga sangat cocok bagi pemula. Adapun apa saja yang diperlukan untuk mengoprek XFCE, anda hanya perlu mempunyai tiga konfigurasi yaitu Appearance dan Windows Manager yang bisa anda jumpai di menu Settings serta merubah konfigurasi panel.

1. Appearance


Di dalam sub menu appearance anda hanya perlu mengubah Style dan Icon. Unduh tema numix white di sini, tema tersebut untu tema style dan unduh ikon numix di sini serta ikon numix shine di sini. Untuk menginstal tema numix white anda cukup mengekstraknya kemudian pindahkan folder ekstrakan tadi ke direktori themes dengan cara (misal) sudo mv numix-white /usr/share/themes begitu juga lakukan pada tema ikon kemudian pindahkan ke direktori icons (misal) sudo mv numix-icon /usr/share/icons. Setelah itu ubah style dengan tema numix NumixWhite3.8 dan ikon Numix-Shine (lihat gambar berikut).

Mengganti Style

Mengganti ikon

2. Window Manager


Dengan tema numix white sesungguhnya juga telah menghasilkan tema yang cukup bagus, namun sayang dalam pandangan saya pribadi kurang menarik jikalau semuanya berwarna putih. Oleh karena itu saya mencoba mengkombinasikan dengan mengganti tema Style Window Manager dengan tema Numix original (lihat gambar berikut).

Mengganti Style Window Manager

3. Membuat panel transparan
Agar menghasilkan dekstop XFCE yang lebih cantik lagi, sekiranya anda pun perlu merubah tema panel agar menjadi tranparan. Caranya sangat sederhana, cukup klik kanan di panel kemudian pilih Panel Preferences dan pilih tab Appearance kemudian ubah nilai Alpha (lihat gambar berikut).

Panel Preferences

Appearance
Berikut adalah hasilnya.



Tulisan ini merupakan sebuah bukti bahwa menggunakan Linux itu sangat mudah serta memberikan kebebasan kepada kita tanpa batas untuk mengopreknya tidak tekecuali mengoprek tampilan. Tulisan ini juga setidaknya bisa memecahkan masalah yang selama ini mengganggu pengguna Windows khawatir untuk beralih menggunakan Linux. Semoga Tulisan singkat ini bermanfaat.

Selamat Mencoba :)


0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.