Tuesday, August 12, 2014

Office Web Application - Microsoft Office di openSUSE

Microsoft Office merupakan sebuah aplikasi kantoran yang sangat terkenal, mudah digunakan serta mempunyai interface yang menarik. Hampir di masyarakat Indonesia umumnya mengenal aplikasi ini dengan baik bahkan hampir sebagian besar sudah sangat familiar menggunakannya.

Berbeda dengan sistem operasi Linux, LibreOffice merupakan aplikasi pengganti dari Microsoft Office. Meski LibreOffice mempunyai tampilan tidak sebaik dengan Micrsoft Office akan tetapi sangat powerfull untuk digunakan. Sebenarnya Microsoft Office pun masih bisa digunakan di Linux dengan menggunakan aplikasi emulator seperti Wine. Akan tetapi kadang tidak semulus apa yang diharapkan atau aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan dengan baik karena ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan.

Office Web Application yaitu sebuah aplikasi web memungkin berbagai macam aplikasi bisa dijalankan di semua platform termasuk sistem operasi dengan menggunakan web browser. Tidak terkecuali Microsoft Office, saat ini telah hadir dalam bentuk Web. Untuk menggunakannya, kita terlebih dahulu harus login. Beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut adalah sebagai berikut :
Microsoft Office Word
Microsoft Office Excel
Microsoft Office PowerPoint
Microsoft Office Calendar
Microsoft Office OneDrive
Microsoft Office OneNote
Microsoft Office Outlook
Microsoft Office People

Aplikasi Microsoft Office tersebut kini telah tersedia dalam paket *.deb yang bisa diinstal di sistem operasi Linux keluarga Debian seperti Debian, Ubuntu, Linux Mint, BlankOn dan lain sebagainya. Unduh aplikasi tersebut di sini. Bagi pengguna Linux yang menggunakan paket *.rpm bisa menggunakan aplikasi alien untuk mengkonversi paket debian menjadi rpm. Untuk memudahkannya anda bisa mengunduhnya di sini. Berikut adalah screenshoot aplikasi tersebut yang telah saya tes di openSUSE.




Selamat Mencoba :)

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.