Tuesday, October 14, 2014

CMus - ERROR: Failed to load plugin /usr/lib/ao/plugins-4/libalsa.so => dlopen()

CMus merupakan aplikasi pemutar audio berbasis teks atau berjalan pada mode terminal. Proses instalasi CMus di keluarga Debian (termasuk turunannya seperti Ubuntu) berjalan lancar tanpa masalah apapun. Hal ini berbeda dengan proses instalasi CMus di openSUSE, yang kemudian setiap kali saya akan menambahkan library music ke player tidak memberikan efek apapun bahkan file music tidak bisa di load ke player. Beruntung CMus merupakan aplikasi yang berjalan di terminal, sehingga pasti akan meninggalkan pesan error pada saat aplikasi tertutup.

Kemudian saya mencari pesan terkait di google dengan keyword "ERROR: Failed to load plugin /usr/lib/ao/plugins-4/libalsa.so => dlopen()" dan saya dapati link di url http://permalink.gmane.org/gmane.comp.package-management.packman/7576. Namun di link tersebut saya tidak mendapati penyelesaian yang pasti akan tetapi saya menangkap bahwa CMus mempunyai plugin untuk memainkan beragam file audio. Kemudian saya buka Apper (Software Center KDE yang terinstal di openSUSE) dan mengetik kata "CMus" dengan harapan akan mengetahui semua nama aplikasi, library yang berkaitan dengan CMus. Saya lakukan sedikit shorting dan mendapat nama plugin yang bernama cmus-plugin-all. Saya berasumsi bahwa cmus-plugin-all akan mewakili semua plugin yang dibutuhkan sehingga tidak akan direpotkan lagi untuk menginstal plugin satu per satu.

Jadi kesimpulan dari error pada saat instalasi CMus di openSUSE adalah hanya tinggal memasang plugin-nya atau secara sederhana bisa dilakukan dengan instalasi melalui terminal
sudo zypper install cmus-plugin-all

Selamat Mencoba :)

2 comments:

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.