Thursday, December 18, 2014

Browser Linux Terbaik

Browser merupakan salah kebutuhan yang sangat penting ketika berurusan dengan komputer. Linux sebagai salah satu sistem operasi open source menyediakan beragam browser sama halnya dengan browser sistem operasi yang lain. Berikut adalah jenis - jenis browser yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum menginstalnya di komputer Linux anda.

1. Mozilla Firefox
Mozilla firefox merupakan browser berlisensi free dan open source yang tersedia dalam beragam jenis sistem operasi (Lintas Platform). Mozilla Firefox dikembangkan oleh Mozilla Foundation serta menggunakan Gecko layout Engine untuk me-rendering halaman web. Mozilla Firefox merupakan salah satu dari sekian jenis browser yang memiliki relatif umur paling tua. Oleh karena itu per Februari 2014, tercatat bahwa Mozilla Firefox mempunyai penggunaan 12 % sampai 22 % dari total penggunaan seluruh dunia. Selain itu juga mempunyai persentasi penggunaan yang tinggi di beberapa negara termasuk indonesia. (baca selanjutnya : http://en.wikipedia.org/wiki/Firefox) . Di beberapa distro, Mozilla firefox sudah tersedia atau menjadi satu paket dalam ISO Disk. Sehingga pengguna tidak lagi harus menginstalnya. Namun jika belum tersedia pengguna bisa menginstalnya melalui software manager pada masing - masing distro.



2. Chromium
Chromium merupakan sebuah nama proyek open source yang dipelihara oleh Chromium Project. Tujuannya adalah membuat sebuah web browser yang aman, cepat dan lebih stabil untuk semua pengguna ketika menjelajah web. Pada kebanyakan distro Chromium belum tersedia dalam satu paket ISO Disk. Jadi pengguna untuk harus menginstalnya terlebih dahulu dengan menggunakan software manager di masing - masing distro. 



3. Google Chrome
Google Chrome merupakan browser freeware yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan Chromium. Google Chrome menggunakan Webkit Layout Engine sampai versi 27 sedangkan pada versi selanjutnya menggunakan Webkit Fork Blink. Google Chrome tersedia untuk beberapa sistem operasi termasuk Linux. Menurut info dari StatCounter per 24 November 2014 mempunyai penggunaan yang terbesar di dunia ketimbang web browser lainnya yaitu 52 %. Hal ini menunjukan bahwa Google Chrome mempunyai performa yang sangat baik, bahkan dalam pandangan penulis sendiri Google Chrome mempunyai performa yang ringan, tampilan yang sederhana namun mudah untuk digunakan. 



4. Opera
Opera merupakan browser yang dikembangkan oleh Opera Software dan tersedia di berbagai sistem operasi. Selain sebagai browser di komputer desktop, opera browser juga sangat terkenal di kalangan pengguna mobile karena tingkat kompresinya yang hemat. Dalam kurun waktu yang relatif lama Opera Browser tidak lagi dirilis dengan versi terbaru untuk sistem operasi Linux. Namun dari info terakhir kini telah tersedia rilis terbaru untuk Linux yaitu dengan versi 26 dan dikembangkan dari Chromium project.



5. Maxthon
Maxthon atau lebih dikenal dengan nama Maxthon Cloud Browser merupakan browser freeware yang dikembangkan di China oleh Maxthon Ltd. Baru - baru ini saja Maxthon telah tersedia untuk Linux dan persis dengan Google Chrome dan Opera dikembangkan dari Chromium juga.


Sebenarnya masih banyak jenis browser yang tersedia di Linux yang tidak kalah baiknya dengan browser yang telah disebutkan. Anda bisa mengeksplorasinya dengan mencari informasi di mesin pencari seperti Google atau bisa dengan mencarinya di software manager.

Selamat Mencoba.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.