Saturday, August 8, 2015

HPLIP - No System Tray Detected on This System

Setelah sekian lama menggunakan KDE 4, Saya mencoba untuk beralih menggunakan KDE 5 atau Plasma 5. Saat penulisan ini berlangsung, Saya sering temui sejumlah thread yang menyatakan bahwa Plasma 5 belum stabil dan masih banyak ditemukan sejumlah bugs. Meski demikian, ketertarikan yang Saya alami tidak menghiraukan kondisi tersebut dan berkeyakinan pasti akan selalu ada perbaikan.

Untuk menggunakan Plasma 5, terpaksa Saya hapus openSUSE 13.1 kemudian diinstal ulang menggunakan openSUSE Tumbleweed. Plasma 5 sejauh ini memang masih kurang stabil, bahkan beberapa aplikasi pun belum bisa terintegrasi dengan baik di desktop tersebut. Namun kondisi tersebut bukanlah suatu permasalahan yang serius karena Saya pun masih bisa bekerja tanpa kendala di mesin baru Saya saat ini.
Salah satu printer favorit yang Saya miliki adalah HP Deskjet 1010 (kebetulan memang printer tersebutlah yang hanya saya miliki). Utiliti yang sering digunakan untuk menangani printer tersebut adalah HPLIP. HPLIP bisa Anda install dengan mengetik sudo zypper in hplip (untuk pengguna openSUSE). HPLIP secara otomatis akan running ketika sistem start (autostart). Kendala setelah menginstal HPLIP ketika menggunakan plasma 5 ini adalah muncul notifikasi No System Tray Detected on This System yang berimbas HPLIP gagal start. Untuk menangani ini Anda hanya perlu menambahkan jenjang waktu ketika HPLIP ketika akan start. Ubah hplip-systray.desktop yang berada di /etc/xdg/autostart/ dan pada baris Exec= hp-systray -x tambahkan /usr/bin/sleep 45 &&. Selengkapnya menjadi seperti ini Exec= /usr/bin/sleep 45 && hp-systray -x.
Cara ini berhasil Saya lakukan. Selamat Mencoba

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.