Monday, August 3, 2015

Mengintegrasikan LibreOffice dan Plasma 5

Plasma 5 atau KDE 5 merupakan generasi baru dari lingkungan desktop KDE yang membawakan sejumlah perubahan. Tampilan yang serba flat serta dibubuhi dengan animasi yang semakin smooth. Setelah Saya menginstal KDE 5 di openSUSE, ternyata beberapa aplikasi tidak berintegrasi baik dengan plasma 5 (terutama aplikasi yang berbasiskan GTK). Hal ini menyebabkan pemandangan yang kurang enak ketika menggunakan aplikasi tersebut. Akan tetapi ada solusi kecil untuk mengatasi ini, yaitu dengan mengakses System Settings - Application Style - GNOME Application Style (GTK), pilih default pada tema GTK3. Cara ini bekerja dengan baik, akan tetapi permasalahan belum bisa teratasi pada aplikasi LibreOffice. Berikut tampilannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Saya menemukan beberapa solusi di internet. Link - link berikut sangat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan ini.
  1. http://ask.libreoffice.org/en/question/41627/libreoffice-isnt-picking-up-kde-themeui/
  2. https://kdeonlinux.wordpress.com/2015/05/20/fresh-breeze-for-libreoffice/
  3. https://github.com/NitruxSA/plasma-next-icons/tree/master/LibreOffice_Breeze
Untuk mempersingkat pembahasan, berikut langkah - langkahnya.
  1. Unduh icon plasma-next-icons, dengan mengetik git clone https://github.com/NitruxSA/plasma-next-icons.git
  2. Kemudian buka folder LibreOffice_Breeze untuk mem-build tema ikon breeze dan breeze dark, caranya ketik make. Jika sudah selesai maka pindahkan file images_breeze.zip dan images_breeze_dark.zip ke folder /usr/lib/libreoffice/share/config.
  3. Install libreoffice-kde4 dengan mengetik sudo zypper in libreoffice-kde4 untuk openSUSE, jika Anda menggunakan Debian atau Ubuntu bisa menggunakan tools apt-get.
  4. Buat file libreoffice-kde.sh di ~/.config/plasma-workspace/env/ untuk memaksakan agar bisa kompatibel dengan plasma 5. Kemudian isi file tersebut dengan konten seperti berikut.
    #!/bin/sh
    export OOO_FORCE_DESKTOP="kde4"

    Kemudian berikan hak akses penuh pada file tersebut, perintah lengkapnya ketik chmod +x  ~/.config/plasma-workspace/env/libreoffice-kde.sh
  5. Sekarang buka kembali aplikasi LibreOffice, jika berhasil maka tampilannya menjadi gambar dibawah ini.
Selamat mencoba.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.