Saturday, April 12, 2014

Page Styles di Libre Office

Fitur Page Styles merupakan salah satu fitur Libre Office yang memungkinkan dalam satu projek misalkan ebook, makalah, dan lain sebagainya mempunyai style yang berbeda - beda pada halaman tertentu. Sebagai contoh misal pada halaman 1 sampai 5 saya buat header yang berwarna hijau dan header pada halaman selanjutnya dibuat normal. Dengan demikian, dengan adanya fitur Page Styles mempunyai keuntungan yaitu memungkinkan style yang berbeda - beda pada halaman tertentu dalam satu projek seperti pemformatan nomer, header & footer, dan ukuran kertas halaman.

Di artikel ini saya akan membahas tentang pemformatan nomer yang berbeda misalkan saya akan membuat format penomeran dengan huruf romawi seperti i, ii, iii, dan seterusnya. Selanjutnya saya akan membuat penomeran dengan seperti biasa yaitu dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Saya membahas pemformatan nomer karena pernah mengalami bagaimana caranya untuk memasukan format nomer yang berbeda, dan ini cukup menyulitkan bagi saya pribadi karena belum melakukan hal tersebut. Kemudian saya mencoba mencari solusi dengan Googling, dan akhirnya menemukan blog yang membahas apa yang saya maksud.

Berikut adalah langkah - langkah membuat pemformatan nomer yang berbeda di beberapa halaman.
  • Buka Styles & Formating yang bisa diakses melalui menu Format, atau bisa juga dengan shorcut F11 .
  • Pilih Page Styles dengan klik button Page Styles.

  • Pada Dropdown menu, yang pada gambar di atas ditunjukan dengan label All pilih Custom Styles. Sehingga field menjadi kosong.

  • Buat Page Styles baru dengan klik kanan pada field yang kosong dan pilih new sehingga muncul kotak dialog seperti gambar berikut. Aktifkan Header dan Footer-nya di tab Header dan Footer jikan anda akan menggunakan kedua fitur tersebut pada style yang baru.

  • Masukan Page Break dengan mengakses menu Insert dan pilih Manual Break, pada pilihan Style pilih dengan Style yang telah kita buat.

  • Sehingga muncul garis pembatas dengan bentuk Dash (-) sebagai pembatas antara style halaman yang satu style halaman selanjutnya.

  • Untuk mengetahui style halaman apa yang anda gunakan, anda bisa melihat di status bar yang berada di posisi paling bawah dari Workspace.

Jika anda berhasil, maka kurang lebih seperti berikut hasil akhirnya. Dimana anda bisa memasukan penomeran yang berbeda di footer default style dan footer gayaku style.



Selamat Mencoba

Terima kasih untuk blog berikut yang sangat membantu ketika penulis membutuhkan tutorial tentang penomeran halaman.




0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.