Saturday, June 7, 2014

Membuat Application Launcher

Uniknya menggunakan Linux adalah sistem operasi tersebut mempunyai Software Center tersendiri, jadi pengguna tidak lagi direpotkan untuk mencari link unduh aplikasi yang dibutuhkan. Karena istilahnya "Out of The Box", segala sesuatunya sudah tersedia tinggal pengguna memilih sesuai kebutuhan. Hal ini persis dengan Android, yang merupakan sistem operasi Mobile yang menggunakan kernel Linux.

Namun ada beberapa kendala bagi pengguna Linux,  yaitu ketika akan menginstal aplikasi yang tidak tersedia di Software Center namun aplikasi tersebut berada di repositori lain atau di server lain. Jika aplikasi tersebut berbentuk installer seperti berekstensi *.deb, *.rpm atau  source code dengan dibungkus dalam bentu tarbal seperti *.tar.gz hanya tinggal mengkompilasi saja. Anda tidak akan direpotkan lagi dengan mencari aplikasi tersebut berada di direktori mana karena secara otomatis sudah terintergrasi dengan menu launcher. Sebagai contoh yang sangat sederhana adalah ketika anda dihadapkan untuk menginstal IDE Eclipse. IDE tersebut dibungkus dengan format tarbal atau *.tar.gz, anda hanya tinggal mengekstraknya dan langsung menjalankan aplikasi tersebut dengan mengeksekusi file executable-nya tanpa harus menginstal terlebih dahulu.
Folder Eclipse

Hal tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah, namun rasanya sangat kurang jika setiap kali anda akan menjalankan aplikasi harus mengakses keberadaan file executable di folder tertentu. Untuk mengatasi masalah ini ada dua cara yaitu membuat softlink dan application launcher. Dengan softlink anda hanya tinggal membuat link ke direktori /usr/bin/. Sedangkan membuat application launcher anda hanya membuat file *.desktop yang bisa anda taruh di direktori /usr/share/applications/. Untuk membuat file *.desktop, berikut langkah - langkahnya.
  • Buat file desktop, misal anda menggunakan Vim Editor bisa anda langsung mengetik di terminal dengan login sebagai root misal vi eclipse.desktop
  • Masukan entry seperti berikut :
[Desktop Entry]
Encoding=UTF-8
Name= #nama aplikasi
Comment= #masukan komen tentang aplikasi jika dibutuhkan
Icon= #address ikon yang akan dibuat menjadi launcher
Exec= #address file executable
Type=Application #tipe aplikasi
Categories= #kategori aplikasi;
Terminal=false
StartupNotify=true

Berikut contoh lengkapnya dari file eclipse.desktop di komputer saya,

[Desktop Entry]
Encoding=UTF-8
Name=Eclipse
Comment=Eclipse
Icon=/opt/eclipse/icon.xpm
Exec=/opt/eclipse/eclipse
Type=Application
Categories=Development;
Terminal=false
StartupNotify=true


  • Untuk mengecek apakah konfigurasi yang anda buat benar atau tidak, bisa anda mengakses eclipse melalui menu launcher.
Mengakses Eclipse melalui menu launcher

File Eclipse Desktop

Selamat Mencoba :)



0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.