Sunday, July 20, 2014

Plymouth dan Konfigurasinya di Ubuntu

Plymouth merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan grafis (gambar atau animasi) saat sistem operasi melakukan booting atau pun shutdown. Dengan aplikasi tersebut akan menggantikan message log yang biasanya ditampilkan di layar dengan grafis yang lebih interaktif. Dengan demikian Plymouth merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai bootsplash di Linux.

Plymouth pertama kali digunakan di Fedora 10 yang dirilis pada tahun 2008 untuk menggantikan RHGB (Red Hat Graphical Boot). Sekarang Plymouth sudah tersedia di berbagai jenis distro bahkan hampir semua distro sudah menggunakan aplikasi ini sebagai default. Sehingga pengguna tidak lagi harus mengkonfigurasi secara manual. Plymouth menggunakan DRM (Direct Rendering Manager) dan KMS (Kernel Mode Setting) driver.


Untuk menggunakan Plymouth pastikan terlebih dahulu paket Plymouth telah terinstal di distro anda. Adapun distro yang digunakan pada tutorial ini adalah Ubuntu 14.04. Berikut langkah - langkahnya.

1. Instal paket plymouth dengan menggunakan USC (Ubuntu Software Center) atau jika dengan menggunakan terminal gunakan perintah sudo apt-get install plymouth
2. Install tema Plymouth, untuk memudahkannya gunakan USC dan ketik plymouth-theme.


3. Untuk merubah tema, ketik perintah berikut dengan menggunakan terminal
    sudo update-alternatives --config default.plymouth
4. Untuk menetapkan perubahan ketik
    sudo update-initramfs -u

Langkah - langkah tersebut dilakukan jika anda menggunakan tema di USC, namun bagaimana jika anda mengunduh tema plymouth yang diarsipkan (misal dengan arsip .tar.gz, .zip). Hal yang perlu anda lakukan adalah menginstal tema tersebut secara manual. Berikut langkah - langkahnya.
1. Ekstrak tema yang dibungkus arsip tersebut kemudian letakan di /lib/plymouth/themes
2. Lakukan proses instalasi dengan mengetik
sudo update-alternatives --install /lib/plymouth/themes/default.plymouth default.plymouth /lib/plymouth/themes/tema-yang-akan-diinstal.
Pada folder tema-yang-akan-diinstal sesuaikan dengan folder tema kemudian cari file dengan ekstensi .plymouth dan berikan nilai 100 pada akhir perintah, contoh
sudo update-alternatives --install /lib/plymouth/themes/default.plymouth default.plymouth /lib/plymouth/themes/spinfinity-mint-01/spinfinity-mint-01.plymouth 100.
3. Untuk merubah tema, ketik perintah sudo update-alternatives --config default.plymouth dan pilih tema yang akan anda gunakan dengan memasukan nomer pilihan.
4. Ketik  sudo update-initramfs -u untuk menerapkan tema yang dipilih.

Dengan menggunakan Plymouth akan lebih membuat distro kesayangan anda lebih cantik dan menarik.
Selamat Mencoba :)


Referensi :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.