Wednesday, June 5, 2013

Aplikasi Office Processor Pada GNU/Linux

Secara default Libreoffice adalah aplikasi office processor bawaan GNU/Linux. Akan tetapi ada beberapa kendala yang menjadi masalah ketika seseorang yang baru migrasi ke sistem operasi GNU/Linux atau bisa juga seseorang yang ingin membuka file microsoft word biasanya format akan berantakan tidak seperti aslinya, dan mungkin ini yang masih menjadi PR bagi developper Libreoffice agar lebih bisa kompatible dengan MS. Office. Kendala yang lain yang tidak begitu dipermasalahkan adalah masalah UI (user interface) atau tampilan. Keinginan seseorang adalah agar tidak banyak hal yang harus disinkronisasikan ketika menggunakan perangkat lunak baru dengan versi bahkan platform yang berbeda. Untuk menjembatani permasalahan ini, maka saya akan memberikan alternatif aplikasi office suite sebagai alternatif dari Libreoffice



1. SoftMaker Free Office

Tampilan office mirip dengan tampilan office 2003 atau dengan gaya yang classic. Di dalam website-nya tertera bahwa aplikasi ini sangat kompatibel dengan microsoft word. Untuk mendownloadnya silahkan klik link di bawah ini :
http://www.freeoffice.com/en/download

2. WPS Office

Office suite dari negri panda ini perlu diacungi jempol, karena tampilannya yang hampir mirip dengan microsoft word versi terbaru (2013). Dan kebetulan saya memakai office suite ini, dan sangat nyaman ketika membuka file - file microsoft word.
untuk mengunduhnya bisa klik link dibawah ini ;
http://linux.wps.cn/

sebagai saran, karena website ini berbahas cina saya rekomendasikan untuk menggunakan google chrome karena tersedia fasilitas translator.

Kedua software tersebut bersifat free software bukan opensource software. Akan tetapi sangat membantu bagi kita, terutama orang - orang yang masih sering berhadapan dengan microsoft office.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan komentar.